loader

Tumbuhkan Nilai Nasionalisme, LDII Palembang Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - DPD LDII Kota Palembang menggelar upacara peringatan hari lahir Pancasila di lapangan upacara Yayasan Aziziah Palembang, Kamis (1/5/2023). Upacara diikuti Pengurus DPD LDII Kota Palembang dan jajaran, Siswa SMP dan SMA Aziziah yang dipimpin oleh Kanit Binmas Polsek Ilir Timur II, Iptu Makmun Rosidi, S.Ag.

Ketua DPW LDII Sumatera Selatan, H. Rahmatullah, S.Ag., M.Si mengatakan, Indonesia telah berhasil melewati masa krisis pandemi Covid-19 yang berdampak pada semua sektor. Ini membuktikan Rahmat Allah SWT yang memberikan Pancasila sebagai pedoman dan kekuatan bagi Bangsa Indonesia.

Dalam momentum peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 ini, H. Rahmatullah mengajak seluruh warga untuk bergotong royong dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur pancasila. 

“Pada peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 ini, marilah kita bergotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global. Mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menanamkan, menegakkan, dan menjaga pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menguatkan jati diri dan karakter bangsa, sikap dan perilaku patriotik, cinta tanah air, serta menjaga toleransi dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," jelasnya.

Dengan Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia, semua tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dapat berjalan dengan baik. Bahkan dalam kehidupan beragama pun, masyarakat Indonesia yang dengan bermacam agama, budaya, adat dan karakteristik dapat saling menghargai dan terciptannya kehidupan yang harmonis dan damai.

“Upacara ini adalah sebagai upaya penanaman nilai nasionalisme kepada warga dan siswa sekolah di bawah naungan LDII, semoga momentum ini nilai-nilai luhur Pancasila dapat kita implementasikan dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Kanit Binmas Polsek Ilir timur II, Iptu Makmun Rosidi, S.Ag mengapresiasi pelaksanaan upacara perigatan hari lahir Pancasila oleh LDII Palembang. Ia mengharapkan edukasi nilai nasionalisme dapat terus diselenggarakan.

“Dengan rasa cinta terhadap bangsa sendiri, kita akan mengerti betapa pentingnya menegakkan dan mengamalkan Pancasila dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pancasila tidak dapat digantikan dengan apa pun juga baik pada masa dulu, sekarang, dan masa yang akan datang," tuturnya.

Share

Ads