loader

Jelang Pemungutan Suara Pilkades Serentak, Polres OKU Timur Lakukan Pergeseran Pasukan

Foto

OKU TIMUR, GLOBALPLANET - Jelang pemungutan suara  Pemilihan Kepala desa (Pilkades) serentak 2023 di Bumi Sebiduk Sehaluan. Polres OKU Timur, Polda Sumsel melaksanaan apel pergeseran pasukan, pada Rabu (07/06/2023) di halaman Mapolres setempat.

Bertindak selaku Pimpinan Apel Kapolres OKU Timur AKBP Dwi Agung Setyono, SIK, MH dan perwira apel Kasat Samapta AKP Jumeidi, SH, komandan apel
Ipdan M, Nabil Kahirillah, STrk.

Kapolres OKU Timur OKU Timur, AKBP Dwi Agung Setyono, SIK, MH, saat apel pergeseran pasukan dalam rangka pengamanan Pilkades serentak, memgatakan, pengamanan penyelenggaraan Pilkades seerentak  OKU Timur  2023 akan dikaksanakan di 34 Desa di 14 Kecamatan dan diikuti sebanyak 93 Calon Kepala desa (Cakades).

Karena itu Kapolres menyampaikan menyampaikan yang harus diperhatikan, selama proses Pilkades serentak pertentangan antara masing masing pendukung tim sukses dari setiap alon Kades sehingga akan menyebabkan terjadinya kerusuhan antara masing masing pendukung calon tersebut.

Potensi kecurangan dan intimidasi yang dilakukan oleh calon Kades maupun tim pendukung kepada pemilih untuk  memperoleh suara. Terjadi gangguan Kamtibmas baik berupa kejahatan jalanan (konvensional) maupun kejahatan lainnya yang dapat mengakibatkan anacaman maupun  gangguan Kamtibmas selama tahapan tahapan pelaksanaan polkades.Terjadi ancaman teror terhadap pemilih dan calon Kades.

"Menyikapi hal diatas tentunya perlu kita antisipasi dengan  baik sehingga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat pada pentahapan pilkades serentak  OKU Timur 2023. Sampai dengan selesai dapat tetap terjaga dengan baik,"tegasnya.

Pelaksanaan apel ini dinilai perlu dilaksanakan oleh Personil yang akan melaksanakan tugas pengamanan terutama Pemungutan suara yg akan dilaksanakan Kamis 08 Juni 2023. Untuk memantapkan kesiapan jajaran Polres OKU Timur dalam mengantisipasi segala bentuk kerawanan dan gangguan Kamtibmas pelaksanaan Pilkades serentak .

Beberapa penekanan yang harus dipedomi tentang pelaksanaan tugas engamanan TPS yang akan saudara lakukan guna mendukung keberhasilan Pengamanan Pilkades Serentak di OKU Timur tahun ini,
jaga stamina dan kesehatan mental serta fisik selama melaksanakan pengamanan TPS serta Laksanakan tugas dengan penuh keiklasan dan penuh tanggung jawab.

Kepada seluruh anggota Pam TPS segera berkordinasi dengan panitia Pilkades masing masing. Datang di TPS jangan terlambat  dan laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab serta laksanakan mediasi. Kuasai situasi di TPS serta pelajari kerawanan terhadap gangguan Kamtibmas serta siapkan langkah langkah antisipasinya.

Selama melaksanakan pengamanan perhatikan dengan cermat setiap proses setiap proses Pemungutan dan penghitungan suara. Selalu waspada dan amati serta amankan jika ada yang mengganggu jalannya pemungutan suara (Pungra).Berikan himbauan yamg tegas dan humanis kepada  masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya untuk  bersama-sama menjaga Kamtibmas yang kondusif.

Petugas Pam TPS dilarang masuk ke dalam TPS terleih mempengaruhi jalannya jalannya Pilkades, kecuali diminta oleh P
Panitia dalam rangka ada yang mengganggu jalannya Pilkades.

Tidak meninggalkan TPS sampai dengan selesai seluruh rangkaian pungut dan hitung suara dan laksanakan pengawalan kotak suara ke kantor PMD. Melaporkan setiap perkembangan situasi secara berjenjang kepada Pimpinan.

Share

Ads