loader

Kadin Pertanian OKU Timur: Masuk Musim Tanam, Ketersediaan Pupuk Aman

Foto

OKU TIMUR, GLOBALPLANET - Kepala Dinas Pertanian OKU Timur, Junadi, SP, MM, pada Jumat (01/12/2023) mengatakan, menjelang masuk masa tanam stok maupun ketersedian pupuk aman dan terpenuhi.

Kuota pupuk untuk  petani di Bumi Sebiduk Sehaluan dari Oktober 2023 sampai Januari 2024, cukup bahkan masih surplus,katanya.

Ketersediaan pupuk Urea mencapai 16.365 ton dan pupuk NPK sebanyak 9.599 ton. Sedangkan kebutuhan pupuk petani Urea hanya 13.481 ton dan NPK 8.248 ton.

"Kta pastikan tidak akan ada kelangkaan pupuk pada masa tanam Desember 2023, karena  antara stok dan kebutuhan masih surplus,"ungkapnya.

Junadi menambahkan, dari jumlah stok pupuk yang tersedia saat ini yang baru dìtebus petani sebanyak 7.205 ton untuk Urea. Kemudian 3.707 ton pupuk NPK. Sehingga sisa alokasi pupuk masih mencapai 9.160 ton Urea dan NPK 5.892 ton. Belum lagi dìtambah sisa kelebihan.

"Kita minta petani segera melakukan penebusan pupuk subsidi agar masa tanam Desember dan Januari tidak ada kendala,"imbuhnya.

Pihaknya juga telah terjun langsung ke petani untuk memantau ketersediaan pupuk. Dia juga menghimbau petani agar segera melakukan penebusan.

"Kita juga telah membuat surat edaran agar petani segera menebus pupuk bersubsidi. Hal ini agar masa tanam Desember dan Januari tetap optimal,"ujarnya.

Mantan Kadin Ketahanan Pangan OKU Timur inu, juga mengingatkan  pengecer agar menyediakan pupuk non subsidi bagi petani yang tidak mendapatkan pupuk subsidi.

"Jika masih ada petani yang mengeluh dan tidak mendapatkan pupuk subsidi agar segera melapor dengan saya. Kita akan kontrol penuh, agar seluruh kebutuhan pupuk petani tercukupi,"ujarnya.

 

Share