loader

Terima Audiensi BPD, Pj Bupati Apriyadi Harapkan Terus Kompak Bangun Muba

Foto

MUBA, GLOBALPLANET - Pj Bupati Muba Drs H Apriyadi MSi menerima audiensi Pengurus Forum Komunikasi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kabupaten Muba dari perwakilan 15 kecamatan, di Ruang Audiensi Bupati Muba, Rabu (6/12/2023).

Dalam kesempatan tersebut Dicky dari perwakilan kecamatan Bayunglencir kemudian Supriyadi Anggota BPD Desa Epil Kecamatan Lais yang mewakili 1.687 orang Anggota BPD di 266 desa dalam Kabupaten Muba, menerangkan bahwa Badan Permusyawaratan Desa adalah lembaga yang melaksanakan fungsi pemerintahan yang anggotanya merupakan wakil dari penduduk desa berdasarkan keterwakilan wilayah dan ditetapkan secara demokratis.

"BPD mempunyai fungsi membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa, dan melakukan pengawasan terhadap kinerja kepala desa," kata Supriyadi.

Ia menyampaikan adapun maksud dan tujuan audiensi itu ialah, diantaranya terkait dengan kesejahteraan anggota BPD yaitu permintaan kenaikan tunjangan, dan kemudian kantor sekretariat.

"Kami juga mengharapkan agar adanya pengembangan kapasitas khusus BPD melalui bimbingan teknis, ataupun kunjungan lapangan seperti studi banding yang dilakukan dalam negeri," jelasnya.

Menanggapi yang disampaikan itu, Pj Bupati Muba Drs H Apriyadi MSi, sependapat dan mendukung untuk  diadakannya peningkatan kapasitas para anggota BPD untuk menambah pengalaman terutama melalui online daring digital maupun studi tiru dalam efektivitas dan efisiensi pengawasan perangkat desa.

Terkait dengan tunjangan dan kantor sekretariat BPD, dikatakan akan menjadi atensi Pemkab Muba dan sesuai dengan kemampuan daerah.

"BPD adalah mitra kepala desa, untuk itu kami berpesan agar melakukan pengawasan sesuai mekanisme dan aturan yang berlaku," ujarnya.

Disamping itu Mantan Kepala Desa Pematang Alas ini juga mengajak para anggota BPD harus tetap kompak untuk membangun Muba.

"Dalam taun politik ini kita tetap harus kompak membangun Muba secara bersama melalui amanah sebagai badan permusyawaratan desa," pungkasnya.

Turut hadir hadir dalam audiensi itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Muba Erdian Syahri, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Muba Herryandi Sinulingga AP diwakili Kabid Komunikasi Publik Kartiko Buwono SE MM, Plt Kepala Bagian Prokopim Setda Muba Agung Perdana SSTP MSi, dan anggota BPD perwakilan dari 15 kecamatan dalam Kabupaten Muba.

Share