loader

Membaca Peluang Indonesia ke 16 Besar Piala Asia Setelah Kalah Dari Jepang

Foto

DOHA, GLOBALPLANET - Peluang Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 masih ada usai takluk 1-3 dari Jepang pada laga pemungkas Grup D di Stadion Al Thumama, Doha, Rabu (24/1) malam WIB. 

Tim asuhan Shin Tae Yong harus mengakui superioritas Jepang. Tim Garuda hampir sepanjang laga ditekan Jepang yang juga memburu tiga poin untuk lolos ke babak selanjutnya.

Tiga gol Jepang tercipta melalui brace Ayase Ueda dan gol bunuh diri Justin Hubner. Namun, Timnas Indonesia bisa memperkecil kedudukan berkat sontekan Sandy Walsh pada menit ke-90+1.

Gol Sandy turut menjaga harapan Timnas Indonesia untuk bisa tetap melangkah ke babak 16 besar untuk pertama kali sepanjang sejarah.

Sandy dan kawan-kawan kini menempati posisi ketiga klasemen akhir dengan koleksi tiga poin dan selisih gol minus tiga.

Tim Merah Putih berada di posisi keempat atau posisi terakhir bagi tim yang berjuang lolos lewat jalur peringkat ketiga terbaik. Timnas Indonesia berada di bawah Palestina, Suriah, dan Bahrain.

Posisi ini tidak akan berubah jika hasil pertandingan di Grup E dan F yang seluruhnya akan berlangsung pada Kamis (25/2) memihak Timnas Indonesia.

Bahrain yang menempati posisi ketiga Grup E akan bersua Yordania di laga terakhir fase grup. Skenarionya, Timnas Indonesia perlu berharap Bahrain kalah dengan minimal tiga gol dari Yordania.

Dengan begitu, Timnas Indonesia akan lolos ke fase gugur tanpa memperdulikan hasil Kirgistan vs Oman di Grup F. Jika skenario Bahrain kalah dengan tiga gol tidak terealisasi, maka laga Kirgistan vs Oman mesti berakhir imbang sehingga poin Oman tidak akan melewati Indonesia di perebutan tempat ketiga terbaik.

Share

Ads