loader

APDESI Temui Pj Gubernur Sumsel, Bahas Program hingga Pemilu

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Dewan Pengurus Daerah Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (DPD APDESI) Sumsel diajak untuk bersinergi dengan memberikan kontribusi dan dukungan kepada pemda dalam meningkatkan perekonomian dan kualitas aparatur desa. 

Pj Gubernur Provinsi Sumatera Selatan Sumsel Agus Fatoni menyampaikan itu saat menerima audiensi DPD APDESI Sumsel di Kantor Gubernur Sumsel, Palembang, Senin (12/2/2024).

Sebagai organisasi yang mewadahi kepala desa, APDESI diharapkan dapat memaksimalkan organisasi sebagai ruang konsolidasi untuk menyusun dan melaksanakan program pembangunan guna percepatan kemajuan dan kesejahteraan desa serta masyarakatnya.

“Paling penting kepala desa harus jadi pemersatu di desa, dijaga iklim kondusif sehingga aktifitas pembangunan bisa berjalan dengan baik. Kepala desa tidak boleh autopilot, harus betul-betul memahami ilmu leadership, kuasai betul tugasnya dan banyak belajar, jadi kepala desa bisa sukses kalau wawasannya luas,” kata Fatoni.

Fatoni mengimbau kepala desa dan perangkat desa memahami pengelolaaan keuangan secara akuntabilitas dan administratif. Menurutnya, peran kepala desa sangat stragetis, terlebih dalam mendukung kebijakan pemerintah. 

Kepala desa juga harus turut serta mendukung penuh program prioritas yang saat ini menjadi atensi. Di antaranya inflasi, penurunan angka stunting, pengentasan kemiskinan, kemiskinan ekstrem serta menyukseskan pemilu dengan aman dan kondusif. 

“Banyak hal yang bisa kita lakukan, misalnya gerakan menanam, jadi masyarakat diminta menanam di pekarangan rumah, di kebun, kalau itu terjadi kebutuhan rumah tangga kita akan tercukupi. Kemudian disosialisasikan untuk masyarakat tidak boros pangan. Kepala desa juga saya minta untuk masyarakat yang diketahui stunting agar segera diangkat menjadi anak asuh, tolong dipastikan bantuan makanan juga dimakaan oleh bayinya, makanan yang bergizi,” ujarnya. 

Ketua DPD APDESI Provinsi Sumsel Sohidin menyampaikan terima kasih kepada Pj Gubernur Provinsi Sumsel yang telah mengundang DPD APDESI untuk beraudiensi. Sohidin menyebut DPD APDESI siap untuk berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Sumsel, terlebih dalam menyukseskan program prioritas di Provinsi Sumsel. 

“Kami seluruh kepala desa se-Provinsi Sumsel akan mendukung penuh program penurunan stunting, penunuruan angka kemiskinan dan yang terpenting kami akan menjaga keadaan aman dan kondusif terutama menjelang pemilu nanti,” katanya.

Share

Ads