loader

Ketersedian Pangan OKU Timur Aman Hingga Juni

Foto

OKU TIMUR, GLOBALPLANET - Ketersedian pangan kita cukup hingga Juni nanti. Saat ini petani di OKU Timur sudah panen merata. Maret-April adalah puncak panen di OKU Timur, hal ini disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan OKU Timur, Muhammad Yani.

'Ketersedian pangan di OKU Timur, Sumatera Selatan (Sumsel) aman sampai Juni 2024," kata Kepala Dinas Ketahan Pangan OKU Timur Muhamad Yani saat menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di halaman Kantor Ketahanan Pangan OKU Timur, pada Senin (01/04/2024).

Dia juga menambahkan sekarang  ada sebagian petani sudah tanam kedua. Yang akan disambut panen lagi di Juni 2024. Harga gabah petani sekarang sudah  stabil, maupun  turun Rp 5.400 perkilogram. "Sementara harga beras sudah turun saat ini sudah Rp 12.000 per kilogram,"imbuhnya.

Sementara itu, GPM yang digelar Ketahanan Pangan, sebenarnya serentak seluruh Indonesia, merupakan program Badan Pangan Nasional (Bapanas).

"Ini dalam rangka menekan angka inflasi dan juga kesetabilan pangan menjelang hari besar agama maupun Idul Fitri 1445 Hijiriah. Juga menstabilkan harga,"imbuhnya.

Dinas Ketahanan Pangan OKU Timur, pada kegiantan Senin 1 April itu menyiapkan 300 paket Sembako, dengan harga murah.
"Didalam satu paket beras berisi beras SPHP 5 kilogram, gula 1 kilogram, tepung terigu 1 kilogram, minyak goreng 1 kilogram, dengan harga Rp 98.000 perpaket,"ujarnya.

Dia menambahkan di  pasar murah ini juga tersedia telur, cabai, dan sebagainya yang disediakan UMKM.

"Gerakan pasar murah ini juga dilakukan berkelanjutan, rencananya besok akan ada gerakan pasar murah berkerjasama dengan kejaksaan dan Bulog. Rencananya menyiapkan 700 paket,"katanya.

Share

Ads