loader

Daftar Korban Kapal Jukung Meledak dan Terbakar di Sungai Musi

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Peristiwa kapal motor sungai (jukung) Bintang Kejora meledak dan terbakar Senin malam (1/4/2024) sekira pukul 21.00 WIB di Sungai Musi menimbulkan korban jiwa. Bahkan satu orang ABK masih dinyatakan hilang.

Daftar korban:

1. Askolani (60) serang meninggal dunia

Warga 35 Ilir Kecamatan Gandus, Palembang.

2. Krisno (22) ABK luka berat warga Makarti Jaya Banyuasin

3. Dedi Setiawan (32) ABK luka berat warga Mariana Banyuasin 

4. Endut (27) ABK hilang warga Jalur Banyuasin.

 

Informasinya, peristiwa bermula Senin (1/4/2024) sekira pukul 14.00 WIB kapal Motor Sungai merek Bintang Kejora yang dikemudikan oleh korban Askolani bersama 3 ABK datang ke SPBB 27-255-03 yang ada di Perairan Kelurahan 3 - 4 Ulu untuk mengisi BBM yang akan dibawa ke wilayah Jalur 13 Kabupaten Banyuasin.

Mendapat pengisian urutan terakhir pada pukul 18.30 WIB sampai 19.00 WIB sebanyak 3000 liter BBM jenis Pertalite dan 3000 liter BBM jenis Solar selesai pengisian kios terapung tutup.

Kapal tidak langsung berlayar, namun masih bersandar di SPBB. Lalu sekira pukul 21.05 WIB terjadi ledakan yang membakar kapal dan menghanyutkan kapal mengarah Jembatan Ampera kemudian hancur berkeping - keping.

Selain menghancurkan kapal, akibat kejadian ini Kantor Kios terapung SPBB 27-255 03 dalam keadaan rusak, kaca kantor pecah dan atap SPBB rusak berat.

Korban Askolani ditemukan hanyut dalam keadaan meninggal, ABK bernama Dedi Setiawan dan Krisno ditemukan hanyut, namun dalam keadaan luka berat dan dirawat di RS AK Gani, sedangkan ABK bernama Endut hilang di sungai.

Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Harryo Sugihhartono didampingi Kasat Reskrim, AKBP Haris Dinzah mengatakan sebelum meledak dan terbakar kapal jukung sedang melakukan pengisian BBM di kios terapung SPBB.

"Usai melakukan pengisian, dan SPBB sudah tutup namun kapal jukung masih berada di TKP. Tidak lama kemudian terjadi ledakan," kata Kapolrestabes di lokasi kejadian, Selasa (2/4/2024).

Kapolrestabes Palembang mengatakan, anggotanya masih melakukan identifikasi untuk mengetahui penyebab pasti dan titik awal ledakan ini.

"Ini masih penelusuran sementara, anggota kami masih menyimpulkan bahwa sumber ledakan berada di dekat ujung SPBB," katanya. 

Sambungnya, pihaknya masih melakukan penyelidikan intensif, apakah ini murni kecelakaan atau ada kesalahan manusia yang terlibat. "Masih kami dalami," katanya.

Share

Ads