loader

Bocah Perempuan Tenggelam di Sungai Kikim Ditemukan Team SAR Gabungan

Foto

LAHAT, GLOBALPLANET - Bocah perempuan Afifah (5) yang tenggelam saat berenang dipinggir Sungai Kikim, Desa Sukarame, Kecamatan Kikim Barat, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan, akhirnya ditemukan oleh team SAR gabungan pada Selasa (16/4/2024) pagi.

Kepala Kantor Basarnas Palembang, Raymond Konstantin, S.E., didampingi Kasubsi Operasinya Manca Rahwanto, S.E., membenarkan informasi penemuan tersebut.
"Benar korban atas nama afifah sudah kita temukan walau dalam keadaan meninggal dunia," ujar Raymond saat diwawancarai.

Menurut Raymond bahwa pada proses pencarian, Tim Rescue Basarnas Palembang melalui Pos SAR Lubuk Linggau mengkoordinir seluruh unsur SAR gabungan yang berada di lokasi Seperti dari TNI/Polri, BPBD serta Masyarakat. 

"Tim SAR Gabungan dibagi Menjadi beberapa SRU (SAR Unit) dengan tugas dan fungsinya masing - masing," katanya. 

Masih katanya, Untuk metode pencarian dibagi beberapa metode seperti penyisiran permukaan sungai menggunakan perahu karet dan perahu-perahu masyarakat serta melakukan circle (ombak buatan) ditempat-tempat yang dicurigai adanya korban. 

"Pada hari pencarian yang ke tiga, dengan segala upaya akhirnya korban ditemukan sekira pukul 07.20 WIB mengapung dipinggir sungai kikim tepatnya di desa Sukarame, atau sekitar 200 M dari lokasi awal kejadian korban dinyatakan tenggelam," jelas Raymond.

Selanjutnya korban dievakuasi dan dibawa kerumah duka guna dilakukan proses pemakaman. Dengan ditemukannya korban maka operasi SAR dinyatakan selesai dan ditutup.

"Semua unsur SAR yang terlibat dalam proses pencarian dikembalikan ke satuannya masing - masing dengan ucapan terima kasih tutup," tutup Raymond.

Diberitakan sebelumnya, Kejadian berawal pada Minggu (14/04) sekira pukul 15.30 WIB, korban bersama dua orang saudara perempuannya Seril dan Rani asyik bermain dan berenang dipinggir sungai kikim desa sukarame Kecamatan Kikim Barat, namun saat asyik bermain dan berenang korban yang lepas dari pantauan kedua saudaranya tersebut tiba - tiba hanyut terbawa derasnya arus sungai sehingga mengakibatkan korban tenggelam.

 

Share

Ads