loader

Basarnas Palembang Terjunkan Personil, Cari Korban Hilang Akibat Banjir di Muratara

Foto

MURA, GLOBALPLANET - Intensitas Tinggi hujan yang terjadi di wilayah Kabupaten Musi Rawas Utara pada hari selasa (16/4/2024) menyebabkan debit air sungai Rupit dan sungai Rawas meluap sehingga menggenangi pemukiman warga dan menyebabkan 6 jembatan gantung putus, 49 rumah rusak berat dan 2.839 rumah terendam banjir serta menutup akses jalan dengan ketinggian air mencapai 80 cm - 1 Meter.

Ada 4 kecamatan yang terdampak banjir yaitu Kecamatan Karang Jaya, Kecamatan Rupit, Kecamatan Ulu Rawas dan Rawas Ulu.

Untuk Kecamatan Karang Jaya ada 10 desa yang terdampak antara lain Desa Lubuk Kumbu, Suaka Raja, Muara Batang Empu, Suka Menang, Rantau Telang, Tanjung Agung dan Muara Tiku, Embacang Lama, Embacang Baru, Embacang Baru Ilir.

Sementara, Kecamatan Rupit ada 9 desa antara lain Desa Tanjung Beringin, Noman, Noman Baru, Batu Gajah, Batu Gajah Baru, Maur Lama, Maur Baru, Bingin Rupit dan Beringin Jaya.

Kecamatan Ulu Rawas ada 7 desa antara lain desa Kuto Tanjung, Napalicin, Sosokan, Muara Kulam, Muara Kuis, Pulau Kidak dan Jangkat.

Kecamatan Rawas Ulu ada 6 desa antara lain desa Lesung Batu, Lesung Batu Muda, Sungai Baung, Pulau Lebar, Kerta Dewa dan Remban.

Com Center Basarnas Palembang pada Selasa (16/04) sekira pukul 17.45 WIB mendapat laporan dari BPBD Muratara bahwa telah terjadi musibah banjir di 4 Kecamatan dan untuk wilayah yang paling parah terdapat di Kecamatan Karang Jaya yang tidak hanya menyebabkan kerugian materil tetapi juga menyebabkan satu orang dilaporkan hilang atas nama Tain (70) laki - laki, warga desa Lubuk Kumbung Kecamatan Karang Jaya. 

Berdasarkan laporan tersebut Kepala Kantor Basarnas Palembang, Raymond Konstantin S.E., didampingi Kasubsi Operasinya Manca Rahwanto, S.E., langsung memerintahkan satu Tim Rescuenya yang berada di unit siaga SAR Lubuk - Linggau untuk berangkat ke lokasi. 

"Pagi ini Rabu (17/4) team Rescue Basarnas Palembang sudah bergabung dengan Unsur SAR Gabungan seperti TNI/Polri, BPBD, dan Pemda setempat untuk melakukan evakuasi warga yang terdampak banjir serta melakukan pencarian terhadap satu orang warga yang dilaporkan hilang di kecamatan karang jaya desa suka menang dan untuk ketinggian air sendiri berdasarkan informasi dari anggota di lapangan sudah berangsur surut ujar," ujar Raymond. 

Lanjutnya, Sampai saat ini Tim SAR gabungan masih terus melakukan upaya evakuasi terhadap warga yang terdampak banjir dengan menggunakan perahu karet ke tempat yang lebih aman serta melakukan pencarian terhadap satu orang warga yang dilaporkan hilang.


"Tercatat sudah ada sekitar 100 orang yang telah dievakuasi. Dalam proses evakuasi ada beberapa hal yang diprioritaskan mulai dari bayi, anak - anak, ibu hamil, dan Lansia," tutup Raymond.

Share

Ads