loader

Kakek Tain Korban Banjir Muratara Ditemukan Tewas Tersangkut di Ranting

Foto

MURATARA, GLOBALPLANET - Kakek Tain (70) korban banjir bandang yang menerjang Desa Lubuk Kumbung, Karang Jaya, Muratara ditemukan tewas tersangkut di ranting pohon. Korban ditemukan oleh Tim SAR gabungan di hari ke-pencarian pada Jumat (19/4/2024) siang.

Kepala Kantor Basarnas Palembang Raymond Konstantin, S.E., didampingi Kasubsi Operasinya Manca Rahwanto, S.E., menerangkan proses pencarian, Tim Rescue Basarnas Palembang melalui Pos SAR Lubuk Linggau mengkoordinir seluruh unsur SAR gabungan yang berada di lokasi Seperti dari TNI/Polri, BPBD serta Masyarakat. 

"Tim SAR Gabungan dibagi menjadi beberapa SRU (SAR Unit) dengan tugas dan fungsinya masing - masing. Untuk metode pencarian dibagi beberapa metode seperti penyisiran permukaan sungai menggunakan perahu karet dan perahu - perahu masyarakat serta melakukan circle (ombak buatan) ditempat - tempat yang dicurigai adanya korban," jelas Raymond.

Setelah segala upaya dilakukan, akhirnya pencarian hari keempat membuahkan hasil. Sekira pukul 14.00 WIB korban ditemukan warga di daratan tersangkut di ranting pohon yang tumbang akibat banjir di Desa Lubuk Kumbung atau sekitar 3 KM dari lokasi awal kejadian. 

"Dengan ditemukannya korban maka operasi SAR dinyatakan selesai dan ditutup, Semua unsur SAR yang terlibat dalam proses pencarian dikembalikan ke satuannya masing - masing dengan ucapan terima kasih," tutup Raymond. 

Diberitakan sebelumnya, pada Selasa (16/4) hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi di wilayah Kabupaten Musi Rawas Utara menyebabkan debit air Sungai Rupit dan Sungai Rawas meluap sehingga menggenangi pemukiman warga termasuk Desa Lubuk Kumbung.

Desa Lubuklinggau Kumbung merupakan wilayah yang mengalami kerusakan parah dan banyak rumah warga yang rusak.

Share

Ads