loader

BPBD Sumsel Kirim Sembako hingga Perahu Karet ke Wilayah Banjir Muratara

Foto

MURATARA, GLOBALPLANET - Pemprov Sumsel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bergerak cepat mengirimkan bantuan untuk korban banjir bandang di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara).

Bantuan tersebut meliputi paket logistik sembako dan dua unit perahu karet. Selain itu, BPBP Provinsi Sumsel juga telah mengevakuasi para korban dengan menggunakan mobil truk serbaguna dan perahu karet.

“Adapun bantuan yang diserahkan berupa sembako 50 paket, matras 50 lembar, selimut 50 lembar, hygiene kit 50 kotak, nasi goreng 50 bungkus, sabun cuci tangan 50 botol, serta peralatan 2 unit perahu karet,” ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumsel Muhammad Iqbal Alisyahbana dalam keterangannya, Selasa (16/4/2024).

Bantuan dari Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni ini telah disampaikan langsung oleh Iqbal yang diwakili oleh Sekretaris BPBD Provinsi Sumsel Aksoni dan didampingi Kasi Tanggap Darurat Supanto.

Iqbal mengatakan banjir yang terjadi di Kabupaten Muratara ini menggenangi sejumlah lokasi, di antaranya Desa Tanjung Agung, Desa Lubuk Kumbung, Desa Muara Batang Empu, Desa Terusan, Desa Jangkat dan Desa Pangkalan, Kecamatan Rawas Ulu Kabupaten Musi Rawas Utara.

“Banjir disebabkan curah hujan yang tinggi mengguyur Kecamatan Karang Jaya sebagian wilayah Kabupaten Musi Rawas Utara yang menyebabkan debit air sungai Rupit naik hingga ke pemukiman warga di wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS),” jelas Iqbal.

Dia merinci akibat dari banjir tersebut menyebabkan 4 jembatan gantung putus di Desa Tanjung Agung, satu jembatan beton rusak, rumah warga 10 unit hanyut, rumah terendam 160 unit, fasilitas kesehatan, fasilitas pendidikan, jalan terendam termasuk satu unit masjid terendam banjir.

“Warga terdampak 160 KK atau 640 jiwa di Desa Suka Menang,” tambahnya.

Saat ini, pihaknya masih terus melakukan koordinasi dengan BPBD Kabupaten Musi Rawas Utara dalam upaya penanganan dampak pasca banjir.

Share

Ads