loader

Perahu Dihantam Ombak, Lansia di Banyuasin Hilang

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Perahu yang ditumpangi dihantam ombak, seorang perempuan warga dari Desa Sungai Dua, Kecamatan Rambutan, Kabupaten Banyuasin, dilaporkan hilang di Sungai Ogan, Desa Sungai Dua, Kecamatan Rambutan, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, Selasa (11/6/2024) sekira pukul 11.30 WIB.

"Mendapatkan informasi ini saya terjunkan satu Tim Rescue lengkap dengan membawa peralatan SAR air, mereka sudah kita berangkat menuju lokasi kejadian guna melakukan pencarian terhadap korban," ujar Kepala Kantor Basarnas Sumsel, Raymond Konstantin.

Kejadian bermula saat korban bernama Maleha (70) bersama anaknya Zainal (50) bermaksud pulang kerumah dengan menaiki perahu sampan setelah selesai beraktivitas di sawahnya yang berada di seberang sungai.

Naas dialami ketika dalam perjalanan menyeberangi sungai saat mau melewati tongkang batu bara yang sedang sandar tiba-tiba terjadi angin kencang dan ombak yang tinggi. 

Hal ini menyebabkan perahu yang mereka naiki menjadi oleng dan karam, serta membuat Maleha dan Zainal tercebur ke sungai. 

"Zainal berhasil selamat dengan cara berpegangan ditumpukkan tanaman eceng gondok yang kemudian diselamatkan oleh warga namun naas dialami Maleha dikarenakan tidak bisa berenang tubuhnya terseret derasnya arus Sungai Ogan sehingga membuatnya tenggelam," kata Raymond.

Saat ini Operasi SAR yang melibatkan Basarnas dan Unsur SAR dari TNI/Polri dan Masyarakat serta pihak keluarga korban masih melakukan pencarian dengan metode pencarian di lakukan dengan membagi Tim SAR Gabungan menjadi dua Search And Rescue Unit (SRU).

"SRU pertama melakukan pencarian dengan cara penyisiran permukaan air menggunakan perahu karet dan perahu masyarakat, sedangkan SRU kedua jika dimungkinkan akan melakukan penyelaman di lokasi awal kejadian dan lokasi-lokasi yang dicurigai adanya korban serta dengan menyebarkan informasi kepada masyarakat yang berada di pesisir sungai Ogan. Semoga dengan berbagai upaya korban dapat segera ditemukan," katanya.

 

Share

Ads