loader

Penghasil Ikan Patin Tertinggi Nasional, Pemkab OKU Timur Dapat Penghargaan Dari Pemprov Sumsel

Foto

OKU TIMUR, GLOBALPLANET - Menjadi daerah produksi ikan patin tertinggi nasional. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Timur mendapat penghargaan dibidang perikanan dan kelautan.

Penghargaan diserahkan oleh Pj, Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel)  Elen Setiadi, diterima oleh Wakil Bupati (Wabup)  OKU Timur,  HM, Adi Nugraha Purna Yudha, SH, di Ballroom Hotel Novotel Palembang, pada Rabu (26/06/2024)

Wabup OKU Timur,  HM, Adi Nugraha Purna Yudha, SH, hadir dalam Rapat Koordinasi/Forum Pembangunan Kelautan dan Perikanan dengan Instansi Pemangku Kebijakan Perencanaan dan Pembangunan serta Instansi Teknis Kelautan -Perikanan se Sumsel, 2025.

"Terterima kasih atas penghargaan yang diberikan. Pembangunan dan pencanangan daerah OKU Timur  sebagai kampung Patin tidak sia-sia."terangWabup OKU Timur,  HM, Adi Nugraha Purna Yudha, SH.

OKU Timur menjadi daerah penyumbang produksi Ikan patin terbesar di Sumsel dengan jumlah sebanyak 43.013,90 ton per tahun."Alhamdulillah, OKU Timur pada 2023 menyumbang 70 persen produksi ikan patin di  Sumsel,"jelasnya.

Pencapaian ini terlihat dari hasil produksi ikan yang ada  OKU Timur pada  2023 yang mengalami peningkatan pesat dengan ragam ikannya,katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan OKU Timur, Yuni Haryanto, S.ST,  MM. menjelaskan, pencapaian tersebut berkat kerja keras Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) dalam membudidayakan ikan patin di  kolam dengan hasil yang  memuaskan.

"Hingga saat ini jumlah Pokdakan di OKU Timur berjumlah sebanyak 266 orang yang tersebar di 20 kecamatan,"ungkapnya.

Selain Pokdakan, budidaya ikan ini juga dibantu dengan Kelompok Pengelola dan Pemasaran (Poklasar) sebanyak 10 kelompok serta dua koperasi perikanan produk pakan di OKU Timur.

Bahkan, pada 2024 Diskanak OKU Timur telah melakukan survei untuk kampung perikanan budidaya modern yang menyasar seluruh kelompok pembudidaya di wilayah itu.

"Target kami produksi ikan patin terus meningkat setiap tahun sebagai bentuk hilirisasi yang diharapkan dapat mengurangi angka kemiskinan ekstrem di Kabupaten OKU Timur,"tambahnya.

Berdasarkan data produktivitas budidaya ikan air tawar di OKU Timur menunjukkan hasil memuaskan,  dari Ikan patin dengan produksi  43.013,90 ton per tahun, nila 3.681,97 ton, mas 810,65, bawal 1.058,80 ton, dan lele 6.822,36 ton pertahun. 

Share

Ads