loader

Watannas Soroti Penanganan Karhutla di Sumsel

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Tim On The Spot (OTS) Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) berkunjung ke Sumsel dalam rangka Pelaksanaan Kajian Daerah untuk Penguatan Ketahanan Nasional bertempat di Ruang Tamu Kantor Gubernur Sumsel, Rabu (26/6/2024).

Dalam pelaksanaan kajian daerah yang dipimpin Deputi Sistem Nasional (Desisnas) Dewan Ketahanan Nasional, Mayjen TNI Syachrial E. Siregar itu menyoroti penanganan Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Provinsi Sumsel baik dari segi upaya dan langkah strategis terhadap penanganan karhutla. 

Pj Gubernur Elen Setiadi mengatakan, dalam mengatasi Karhutla pihaknya terus berkolaborasi dan bersinergi bersama Pangdam, Kapolda, BPBD, BMKG, kabupaten/kota, swasta dan asosiasi perusahaan seperti Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Sumsel.

"Dari awal kita terus berkolaborasi dan bersinergi bersama stakeholder terkait penanganan karhutla ini," katanya. 

Selain itu dia menyebut, pihaknya juga telah melakukan sejumlah langkah antisipasi dengan membentuk satgas, mendirikan posko di daerah rawan terjadinya karhutla, sosialisasi serta menggelar apel siap siaga pasukan dan sejumlah langkah lainnya. 

Elen juga mengakui yang paling berat adalah mengubah budaya masyarakat yang masih membuka lahan dengan cara membakar. Sebagai solusi mau atau tidak mau harus memberdayakan masyarakat dengan kelompok tani melalui penerapan penggunaan teknologi. 

"Kami juga telah berdiskusi dengan Kapolda terkait persoalan ini. kita juga melakukan upaya lain dengan cara pendekatan kepada masyarakat untuk mengubah budaya membakar dengan bantu masyarakat dengan memanfaatkan teknologi dengan dibantu pemerintah atau pihak swasta," katanya.

Secara khusus Pj Gubernur Elen Setiadi menyampaikan ucapan terima kasih atas pelaksanaan kajian daerah yang dilaksanakan Tim On The Spot (OTS) Dewan Ketahanan Nasional (Watannas) RI di Sumsel, dia berharap akan memberikan dampak positif bagi daerah ini ke depannya. "Kajian ini bermanfaat juga bagi kita kedepan untuk terus mencegah karhutla," tutupnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Staf Ahli Bidang Pertahanan dan Keamanan, Laksda TNI Arsyad Abdullah, Karo Umum, Laksma TNI Imam Hidayat, Pembantu Deputi Lingkungan Sosial, Tri Budi Haryono, Analis Kebijakan Bidang Sosial Ekonomi Desisnas, Kol Kes RR Purba. Kemudian Analis Kebijakan Bidang Sosial Budaya Kol Laut Tantawi Jauhari, Analis Kebijakan Sarana dan Prasarana Kol Laut Ario Sasongko.

Sedangkan Pj Gubernur didampingi Asisten I Pemerintahan dan Kesra Setda Sumsel Edward Candra, Kalaksa BPBD Sumsel, M. Iqbal Alisyahbana dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Share

Ads