loader

Ampera Tourism Run 2024 Diharapkan Dapat Mendatangkan Wisatawan ke Palembang

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Perkembangan sektor kepariwisataan dan ekonomi kreatif Kota Palembang saat ini telah mengalami pemulihan yang signifikan sejak pandemi covid -19 berakhir tahun 2022 lalu. 

Data menunjukan angka kunjungan wisatawan mengalami peningkatan pada tahun 2023 sebanyak 2.011.058 kunjungan wisatawan ke Kota Palembang naik lebih dari 35% dari tahun 2022 sebanyak 1.542.485 kunjungan wisatawan. 

Kenaikan angka kunjungan wisatawan ini juga berdampak terhadap perekonomian Kota Palembang khususnya kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata yakni pajak hotel, pajak restoran dan pajak hiburan serta pajak reklame pada tahun 2023 sebesar lebih dari
30% atau senilai Rp.344.018.249.523.

"Capaian tersebut tentu tidak terlepas dari kerja keras semua pihak terutama Pentahelix Pariwisata yakni
unsur Akademisi, Bisnis, Komunitas, Pemerintah dan Media dalam membangun pariwisata Kota
Palembang, khususnya melalui penyelenggaraan event skala regional, nasional maupun internasional," kata kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Drs. Kgs. H. Sulaiman Amin, Jumat (28/6) di Hotel The Excelton.

Salah satu event Nasional akan dilaksanakan adalah adalah event olahraga bertema pariwisata yakni Ampera Tourism Run 2024, dalam rangka HUT Kota Palembang ke 1341 tahun.

"Event ini diharapkan dapat berperan kuat dalam mendatangkan wisatawan ke Kota Palembang," jelasnya.

Tahun ini kota Palembang memasuki usia ke 1341 tahun, sebagai salah satu kota tertua di Indonesia bahkan dunia tentu menjadi hal yang istimewa sehingga sudah selayaknya Hari Jadi kota palembang dimeriahkan dengan berbagai perayaan dan salah satunya adalah penyelenggaraan Ampera Tourism Run 2024 yg di inisiasi oleh Dinas Pariwisata kota Palembang. 

Hal ini tentu sejalan dengan amanat
Visium pembangunan kota Palembang sejak tahun 2017 lalu yakni menjadikan kota Palembang sebagai
kota wisata sungai, kuliner dan penyelenggara event olahraga berkelas dunia di tahun 2030. 

"Seperti kita ketahui bahwa salah satu upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) adalah dengan semakin intens menyelenggarakan berbagai jenis event di kota Palembang sepanjang tahun yang telah dikemas dalam launching 127 Charming Events of Palembang 2024," jelasnya.

Melalui event inilah geliat perekonomian semakin meningkat mulai dari industri hotel, restoran, hiburan, oleh-oleh suvenir, transportasi, dan berbagai sektor pariwisata ekonomi kreatif di kota Palembang.

"Dalam kesempatan ini, kami menyampaikan bahwa event ATR 2024 telah dipersiapkan sejak tahun lalu
khusus untuk memeriahkan Hari Jadi kota Palembang ke 1341 tahun. Event ini melibatkan semua pihak Pentahelix pariwisata khususnya Komunitas olahraga lari dan pariwisata ekonomi kreatif yang dikemas dalam penyelenggaraan event olahraga lari di kota Palembang," jelasnya.

Diselenggarakan pada tanggal 30 juni
2024 mulai pukul 05.00 Wib s.d selesai dengan keunikan memulai titik start dari atas jembatan Ampera sebagai ikon kota Palembang hingga finish di plaza Benteng Kuto Besak. Event ATR 2024 terdiri dari 2 kategori yakni kategori 5K dan 10K utk putra/putri untuk umum dan pelajar.

Proses pendaftaran peserta dibuka pada pertengahan april hingga 20 Juni 2024, namun pada tanggal 7 Juni 2024 pendaftaran telah ditutup dengan jumlah pelari sebanyak 3.300 peserta yang terdiri dari 2600 pelari 5K dan 700 pelari 10K dikarenakan telah mencukupi kuota daya tampung Plaza Benteng Kuto
besak. 

"Sekitar 40% pelari yang berpartisipasi dalan ATR 2024 adalah peserta yang berasal dari 124 Kabupaten/Kota se-Indonesia dan event ATR ini telah masuk dalam kalender event lari nasional," jelasnya.

Kemudian masing - masing peserta dipersilahkan menukarkan QR Code pembayarannya dengan Kace
Pack yang terdiri dari Jersey dan BIB serta suvenir dari pihak pendukung event mulai tanggal 26 s.d 29 Juni 2024 di lantai dasar Palembang Indah Mall.

Dalam persiapan yang dilakukan tentu telah melibatkan dan mengikutsertakan unsur berwenang yakni Polrestabes Kota Palembang khususnya Satuan Lalu Lintas (Satlantas) dan Bagian Operasional Polrestabes Kota Palembang serta OPD Pemerintah Kota Palembang terkait seperti Dinas Perhubungan, Satpol PP, Dinas Lingkungan Hidup, Kecamatan dan OPD lainnya untuk menjamin kelancaran lalu lintas, keamanan dan ketertiban serta kebersihan selama event berlangsung.

ATR 2024 dengan rute 5K dan 10K dimulai dengan lokasi start diatas jembatan Ampera pada pukul 05.15
wib khusus pelari 10K, kemudian pada pukul 05.30 wib dilanjutkan pelari 5K yang kemudian melalui masjid agung menuju putaran pasar cinde kembali ke arah air mancur masjid agung khusus 5K menuju kantor Walikota dan finish di BKB, namun untuk pelari 10K diteruskan naik kembali ke jembatan Ampera
dan flyover Jakabaring melewati Kantor Polrestabes hingga putaran balik ke arah pasar induk Jakabaring kembali ke arah jembatan Ampera dan turun ke arah jalan merdeka hingga ke kantor Walikota dan finish di plaza BKB. 

Dalam antipisasi kemacetan selama event berlangsung pihak berwajib telah mengeluarkan rekayasa lalu lintas disetiap jalan yang terdampak serta telah di sosialisasi sejak tanggal 26 Juni 2024 lalub agar warga masyarakat yang beraktifitas dapat menghindari rute - rute tersebut dan mencari alternatif yang disediakan.

Sementara itu, bagi 150 pelari 5K dan 100 pelari 1OK yang finisih terlebih dahulu akan mendapatkan penghargaan berupa Medali ATR 2024, sedangkan untuk hadiah podium sebagai berikut,

Kategori 10K putra dan putri masing - masing mendapatkan :

Juara I sebesar Rp.7.000.000,-
Juara Il sebesar Rp.5.000.000,-
Juara ll sebesar Rp.4.000.000,-
Kategori 5K putra dan putri masing - masing mendapatkan :

Juara I sebesar Rp.4.000.000,-
Juara ll sebesar Rp.3.000.000,-
Juara lll sebesar Rp.2.000.000,-
(pajak ditanggung pemenang)

Setelah menyelesaikan rute lari, para peserta finish di plaza Benteng Kuto Besak dan proses pendinginan dengan di iringi hiburan musik band dan DJ, selanjutnya akan ada proses seremonial sambutan Pj. Wali
Kota Palembang dan beberapa agenda lainnya hingga prosesi penyerahan hadiah bagi pemenang podium ATR 2024. 

Share

Ads