loader

Lansia Tenggelam di Sungai Komering Ditemukan Tewas oleh Tim SAR Gabungan 

Foto

OKU TIMUR, GLOBALPLANET - Korban tenggelam di Sungai Komering ditemukan Tim SAR gabungan, Selasa (2/7/2024) sekira pukul 06.25 WIB posisi mengapung di pinggir sungai Komering dalam keadaan sudah meninggal dunia.

Sopiuddin (60) warga RT 01, RW 01, Desa Kerta Negara, Kecamatan Madang Suku II, Kabupaten OKU Timur, ditemukan sekitar radius 1 km dari lokasi awal korban dilaporkan hilang tepatnya di desa Kerta Negara Kecamatan Madang Suku II.

"Benar korban tenggelam sudah ditemukan setelah tim Basarnas gabungan melakukan pencarian di hari kedua," ujar Raymond Konstantin, S.E., Kepala Kantor Basarnas Sumsel.

Raymond menjelaskan bila pencarian dibentuk menjadi dua Search And Rescue Unit (SRU). "SRU pertama melakukan pencarian dengan cara penyisiran permukaan air menggunakan perahu karet dan perahu masyarakat, sedangkan SRU kedua melakukan pencarian melalui jalur darat serta menyebarkan informasi kepada masyarakat yang berada di pesisir sungai," katanya.

Selanjutnya korban di evakuasi dan di bawa ke rumah duka untuk dilakukan proses pemakaman. "Dengan ditemukannya korban maka operasi SAR dinyatakan selesai dan ditutup, semua unsur SAR yang terlibat dalam proses pencarian dikembalikan ke satuannya masing-masing dengan ucapan terima kasih," tutupnya. 

Diberitakan sebelumnya kejadian bermula saat korban sehabis beraktivitas dari sawah sekira pukul 18.00 WIB korban mandi di pinggir sungai komering namun hingga malam hari korban tak kunjung kembali kerumah. 

Keluarga yang khawatir selanjutnya menyusul korban ke sungai namun korban tidak ada dan hanya ditemukan sandal dan alat mandi korban yang berada dipinggir sungai, kuat dugaan korban tenggelam terseret derasnya arus sungai komering.

Diketahui, Selama berlangsungnya operasi SAR turut melibatkan unsur SAR dari Basarnas Sumsel, TNI/Polri, BPBD OKU Timur dan SAR MTA OKU, Masyarakat serta pihak keluarga korban. 

Share

Ads