loader

Pimpin Sidang Calon Taruna/i Akpol, Karo SDM Polda Sumsel: Proses Seleksi Diawasi Secara Ketat 

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo, SIK diwakili Karo SDM Polda Sumsel, Kombes Pol Sudrajad Hariwibowo SIK, MSi memimpin sidang terbuka penentuan kelulusan tingkat panda menuju tingkat panpus penerimaan Calon Taruna/i Akpol T.A. 2024, Rabu (3/7/2024) sore di Auditorium lantai VII Gedung Utama Presisi Polda Sumsel, Jalan Jenderal Sudirman KM 4, Palembang.

Sidang kelulusan tersebut turut hadir juga Pejabat Utama (PJU) Polda Sumsel diantaranya Kombes Pol Gandung D. Wardoyo, SIK, Kabag Dalpers Ro SDM Polda Sumsel Kombes Pol Zainal Arrachman, SIK beserta para Panitia, pengawas internal maupun eksternal, peserta dan orang tua calon Taruna/ni akademi kepolisian (Akpol) Panda Polda Sumsel T.A.2024.

Dalam sambutannya, Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo, SIK diwakili Karo SDM Polda Sumsel Kombes Pol Sudrajad Hariwibowo, SIK, MSi mengatakan, bahwa seluruh proses seleksi ini diawasi secara ketat oleh pengawas internal dalam yaitu Inspektorat Pengawasan Daerah (Itwasda) dan Bid Propam Polda Sumsel maupun pengawas eksternal.

"Proses sidang ini dilaksanakan secara terbuka dan hasilnya dapat dilihat secara langsung, hal ini bertujuan untuk menghindari adanya peluang bagi oknum tertentu agar tidak melakukan tindakan yang tidak bertanggung jawab," kata Alumni Akpol 96.

Sementara, Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Sunarto melalui Kasubbid PID AKBP Suparlan, SH, MSi mengatakan bahwa proses penerimaan ini merupakan sebuah kompetisi untuk dapat terpilih menjadi Bhayangkara yang sejati yang berkualitas kedepannya.

Menurutnya, sebuah kompetisi tentunya memiliki konsekuensi dimana akan ada peserta yang lulus terpilih dan ada yang lulus namun belum terpilih, sehingga tugas panitia seleksi juga harus betul - betul serius dalam perekrutan penerimaan personel polri ini.

"Suparlan mengutip ucapan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada saat menutup rakorbin SDM Polri di Yogyakarta (19/11/2021) beberapa tahun yang lalu bahwa, SDM Polri untuk bisa menjadi ‘koki’ yang meramu kompetensi nilai etika, kepemimpinan dan teknis untuk mewujudkan sumber daya manusia yang unggul seperti yang diharapkan dan dipercaya oleh masyarakat didalam setiap Individu SDM Polri," ujarnya.

Lanjutnya mengucapkan selamat kepada calon Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) yang  dinyatakan lulus terpilih serta bagi yang lulus namun belum terpilih diharapkan untuk tidak putus asa dan tetap semangat.

"Isilah hari - hari ke depan dengan hal - hal yang bermanfaat dengan tetap menjaga mental, fisik serta rohani. Koreksi diri sendiri, perbaiki dan tingkatkan kembali kekurangan yang ada dalam diri dengan mempersiapkan diri secara maksimal, yakinlah apabila diri sudah dipersiapkan secara maksimal maka keberhasilan akan datang," ungkapnya.


Seperti diketahui pada sidang akhir Tingkat Panda Penerimaan Taruna/ni Akpol T.A.2024  dari jumlah peserta 24 orang (Pria 20 dan Wanita 4 Peserta, redaksi) sedangkan yang dinyatakan lulus terpilih kuota lulus Tingkat Panda berjumlah 11 orang Catar Taruna/ni Akpol (Pria 9 dan Wanita 2 peserta).


Tantangan tugas Polri ke depan akan semakin berat, untuk itu diperlukan personel Polri yang Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi Berkeadilan (PRESISI) yang mana selalu siap menjawab dinamika Kamtibmas yang ada ditengah masyarakat.


Dalam mewujudkan hal tersebut, Polri khususnya Polda Bali terus berusaha untuk meningkatkan kualitas SDM, dimulai dari proses rekruitmen personel Polri dengan memegang teguh prinsip BETAH (Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis)," tutupnya.

Share

Ads