loader

Polda Sumsel Kedepankan Upaya Preventif dalam Operasi Zebra Musi 2024

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Musi Tahun 2024 di Mapolda Sumsel, Senin (14/10/2024) dipimpin Wakapolda Brigjen Pol M Zulkarnain. Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sumsel beserta jajarannya akan melaksanakan Operasi Zebra Musi 2024 pada 14 hingga 23 Oktober 2024. 

Operasi yang akan berlangsung selama 14 hari ini, sasaran utama tujuh jenis pelanggaran lalu lintas, yakni pengendara di bawah umur, melawan arus, melebihi batas kecepatan, berkendara di bawah pengaruh alkohol. Lalu kendaraan yang kelebihan muatan (overloading dan over dimension), penggunaan telepon genggam saat berkendara, dan pengemudi yang tidak menggunakan sabuk pengaman.

Direktur Lalu Lintas Polda Sumsel, Kombes Pol M Pratama Adhyasastra mengatakan, operasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mematuhi aturan lalu lintas, serta mengurangi angka kecelakaan yang ada di wilayah Kepolisian Daerah Sumatera Selatan.

"Kegiatan ini lebih kurang melibatkan 400 Personil dan mengutamakan tindakan persuasif dengan melakukan tindakan elektronik dan teguran simpatik," kata mantan Karo OPS Polda Gorontalo.

Dirlantas mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung pelaksanaan Operasi Zebra Musi 2024. "Dengan mematuhi peraturan lalu lintas, Tertib berlalu lintas bukan hanya sekedar menghindari sanksi hukum, namun juga demi keselamatan diri sendiri dan orang lain," tambah Alumni Akpol 91.

Selain penindakan bagi pengendara, Ditlantas Polda Sumsel juga akan mengedepankan upaya preventif seperti sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya keselamatan berkendara.

"Petugas akan memberikan teguran serta tindakan tegas terhadap pelanggaran yang berpotensi membahayakan keselamatan pengguna jalan," tegasnya. 

Lebih jauh dikatakan Kombes Pol M. Pratama, penegakan hukum dalam operasi ini akan dilakukan dengan pendekatan humanis, dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya keselamatan di jalan raya.

Harapannya, melalui Operasi Zebra Musi 2024 yang berlangsung selama dua pekan ini, situasi lalu lintas di Sumatera Selatan bisa lebih tertib dan angka kecelakaan dapat ditekan.

"Kesadaran berkendara yang lebih tinggi diharapkan muncul di kalangan pengguna jalan, Ayo jadi Pelopor keselamatan, stop pelanggaran, stop kecelakaan, keselamatan demi kemanusiaan," katanya.

 

Share

Ads