loader

Bupati OKU Timur: Program Oplah Berpengaruh Pada Tingkat Produktivitas

Foto

OKU TIMUR, GLOBALPLANET - Bupati OKU Timur Ir, H, Lanosin, MT, didampingi Kepala Dinas Pertanian Junaidi, SP, MM, pada Jumat (05/07/2024) meninjau langsung lokasi Optimalisasi Lahan (Oplah)  2024 di Kecamatan Cempaka. Tujuannya tidak lain untuk memastikan agar program ini berjalan secara maksimal.

Bupati OKU Timur, Ir, H, Lanosin, MT, mengatakan Oplah ini sangat berpengaruh terhadap peningkatan produktivitas hasil pertanian, biasanya panen hanya satu kali, kini dapat dioptimalkan menjadi dua maupun tiga  kali.

"Jika melihat potensi di Kecamatan Cempaka ini, harusnya bisa tiga kali panen dengan menggunakan metode Oplah ini,"imbuhnya.

Pemerintah Kabupaten OKU Timur  mendapatkan program Oplah dari Kementerian Pertanian seluas 10.000 hektar, sekitar 5.000 hektar telah berjalan dan salah satunya berada di Kecamatan Cempaka,jelasnya.

"Persawahan di Kecamatan Cempaka yang harus dimaksimalkan sekitar 2.300 hektar, dan potensi untuk menjadi sawah baru sekitar 2.700 hektar,"katanya.

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada Menteri Pertanian yang telah memberikan manfaat dari pekerjaan Oplah kepada Kabupaten OKU Timur.

"Mewakili masyarakat, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Menteri Pertanian RI Bapak Amran Sulaiman yang telah memberikan program Oplah di Bumi Sebiduk Sehaluan,"tambahnya.

Dia berharap, masyarakat yang berjibaku di dunia pertanian untuk segera menggarap dan mengoptimalkan lahan yang telah ada, "Segera garap lahan yang telah ada, semoga kita bisa berswadaya,"imbuhnya.

Selain itu, Bupati mengungkapkan Pemkab OKU Timur akan melakukan cetak sawah, "Meskipun dilakukan secara bertahap, ini salah satu bentuk nyata komitmen kami untuk mewujudkan OKU Timur Maju Lebih Mulia,"ujarnya.

Share

Ads