loader

OKU Timur Sukses Tekan Kemiskinan, Bupati Harap Semua Bantuan Dimaksimalkan

Foto

OKUT, GLOBALPLANET - Pada 2023, OKU Timur berhasil menurunkan angka kemiskinan sehingga kabupaten ini mendapatkan penghargaan dari Wakil Presiden RI. Bupati OKU Timur Ir, H, Lanosin, MT, mengatakan itu saat menyerahkan Bantuan Sosial Usaha Ekonomi Produktif (UEP) dan Pembagian Bantuan Sosial Sembako untuk Masyarakat Pra Sejahtera OKU Timur 2024. 

Kegiatan berlangsung di Desa Tunas Peracak Kecamatan Bunga Mayang pada Senin (05/08/2024). Bupati didampingi Kepala Dinas Sosial Hanafi, SE, MM, menyalurkan bantuan UEP di zona I yang meliputi Kecamatan Martapura, Kecamatan Bunga Mayang, Kecamatan Jayapura, Kecamatan BP. Peliung, Kecamatan BP. Bangsa Raja dan Kecamatan Buay Madang.

Bupati OKU Timur mengatakan kegiatan ini dilaksanakan sesuai instruksi presiden tentang percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem di kabupaten/kota.

"Tentunya pemkab mengambil langkah inisiatif untuk mengatasi dan menekan angka kemiskinan. Semoga dengan bantuan ini, kemandirian ekonomi dalam keluarga dapat terwujud," katanya.

Pada 2023, angka kemiskinan secara signifikan tembus satu digit dan tahun ini angka kemiskinan kembali turun sebesar 0,24 persen. "Ini terendah selama 10 tahun terakhir," katanya.

Lanosin berharap bagi penerima manfaat agar dapat dimaksimalkan penggunaannya dalam menjalankan usahanya, dengan harapan agar dapat meningkatkan kesejahteraan, taraf dan kualitas hidup masyarakat.

Kepala Dinas Sosial Hanafi dalam laporannya mengatakan disalurkan kepada 161 penerima dari enam kecamatan. "Alhamdulillah kita memiliki pemimpin yang perduli dengan masyarakatnya. Semoga bantuan ini dapat mendorong masyarakat pra sejahtera agar bisa berusaha sehingga terwujudnya keberfungsian sosial masyarakat," tambahnya.

Selain itu, juga disalurkan bantuan beras kepada 100 orang penerima. Adapun bantuan UEP yang disalurkan di antaranya peralatan untuk usaha pangkas rambut, konter HP, makanan dan minuman, steam motor dan bantuan usaha sembako.

Share

Ads