loader

Lanosin: Temu Usaha Kemitraan Untuk Meningkatkan UMKM di OKU Timur Menjadi Naik Kelas

Foto

OKU TIMUR, GLOBALPLANET - Pertemuan prusahaan besar dengan UMKM ini salah satu usaha meningkatkan pemasaran dari produk UMKM.

Demikian dikatakan Bupati OKU Timur, Ir, H, Lanosin, MT, saat bertemu dengan puluhan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM)  OKU Timur, Sumatera Selatan (Sumsel)   dengan mitra usahanya. Kegiatan di sebuah hotel yang ada di Martapura, pada Selasa (06/08/2024)

Tujuan dari Temu Usaha Kemitraan tersebut untuk meningkatkan UMKM di OKU Timur menjadi naik kelas.

Bupati OKU Timur, Ir, H, Lanosin MT,  mengatakan sejak 2021 lalu, dirinya terus memperhatikan, dan mendukung UMKM supaya naik kelas.

Peran UMKM cukup besar, bahkan UMKM mampu menurunkan angka kemiskinan di OKU Timur. "UMKM mampu menghapus angka kemiskinan ekstrem di OKU Timur menjadi 0 persen pada  2023,"imbuhnya.

Secara umum masyarakat di OKU Timur memiliki kesejahteraan. Ada kesejahteraan dibidang pertanian, bidang perkebunan, bidang perikanan-peternakan dan  ada  kesejahteraan bidang perdangan,tambahnya.

Meski begitu, ada juga masyarakat yang belum termasuk dalam golangan itu. Karena itu, peran pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah daerah, meningkatkan kesejahteraan  melalui UMKM.

"UMKM di OKU Timur kita dorong untuk meningkatkan nilai produk, kemudian dibantu pemasaranya. Salah satu caranya dengan UMKM kita dorong bermitra dengan prusahaan besar,"ungkapnya.

Dia juga menjelaskan,  beberbagai bentuk support Pemerintah Kabupaten OKU Timur kepada UMKM, dari perizinan dipermudah, kemudian bantuan alat-alat usaha. Bahkan berbagai bantuan UMKM ini tersebar di beberapa OPD, seperti Dinas UKM dan Koperasi, Dinas Sosial, hingga Dinas Perdagangan.

Kepala DPMPTSP  OKU Timur, Sonpiani,SE, MM,  menambahkan pihaknya sengaja memfasilitasi UMKM menjalin kemitraan dengan pelaku usaha besar.

"Ini sebagai upaya produk UMKM dapat dipasarkan di prusahaan besar,"ungkapnya.

Sebagai contoh, sebuah usaha kecil pembuatan sabun cair cuci piring, produknya dipakai oleh restoran-restoran besar. "Bentuk kemitraannya itu membantu pemasaran,"jelasnya.

Gunawan, salah satu UMKM pembuatan sabun cuci piring, mengaku sangat terbantu dengan program maupun pertemuan kemitraan usaha tersebut.

"Tentunya ini sangat membantu kami, agar produk kami lebih dikenal dan diminati. Kami bahkan mendapat kerjasama dengan Restoran Bebek Joglo dan Hotel Parai. Kami menjadi pemasok sabun cuci piring,"katanya.

Share

Ads