loader

Kalahkan Thailand 5-2, Timnas U-22 Indonesia Raih Medali Emas di SEA Games 2023

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Timnas U-22 Indonesia meraih medali emas SEA Games 2023 setelah mengalahkan Thailand di babak tambahan waktu. Laga yang digelar di Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh, Selasa, 16 Mei 2023 berakhir dengan skor 5-2. Ini merupakan emas pertama skuad Garuda sejak terakhir kali diraih pada SEA Games 1991.

Sebelumnya pasukan Merah Putih bermain imbang 2-2 di waktu normal. Indonesia mampu unggul lebih dulu melalui gol Ramadhan Sananta pada menit ke-20 dan menit 45+6. 

Tim Gajah Perang lalu menyamakan kedudukan berkat gol Anan Yodsangwal pada menit ke-64 dan Yotsakorn Buraphan menit 90+9. Hasil tersebut memaksa pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan.

Tak lama setelah babak tambahan dimulai, Indonesia langsung menambah keunggulan lewat gol Irfan Jauhari pada menit ke-91. Memanfaatkan kesalahan umpan pemain belakang Thailand, dia melepaskan tendangan lob yang tak bisa dibendung Soponwit Rakyart. Skor berubah menjadi 3-2.

Thailand melakukan pergantian pemain pada menit ke-98. Songchai Thongcham keluar digantikan Thirawoot Sraunson. Bek Thailand Jonathan Khemdee mendapat kartu kuning kedua setelah melanggar Irfan Jauhari pada menit ke-102. Sebelumnya, kartu kuning pertama dia didapat pada babak pertama waktu normal.

Bagas Kaffa mendapat peluang pada menit ke-105, akan tetapi tendangannya masih berada di atas gawang. Satu menit kemudian, Thailand berbalik mengancam melalui Anan Yodsangwal, namun tendangannya gagal mengenai sasaran.

Hingga peluit babak pertama tambahan waktu dibunyikan, tak ada peluang berbahaya dari kedua tim dan skor bertahan 3-2 untuk keunggulan Garuda Muda.

Memasuki babak kedua tambahan waktu, Indra Sjafri melakukan penyegaran pemain dengan memasukkan Beckham Putra Nugraha yang menggantikan Muhammad Haykal Alhafiz. Hasilnya, Indonesia kembali memperlebar keunggulan. Muhammad Fajar Fathur Rahman melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang merobek gawang Thailand pada menit ke-106. Skuad Garuda memimpin sementara 4-2.

Satu lagi pemain timnas U-22 Thailand diganjar kartu kuning kedua, yaitu Teerasak Poeiphimai pada menit ke-118. Tim Gajah Perang kini bermain dengan 8 orang. Di akhir babak kedua tambahan waktu, Beckham Putra menutup pesta gol Indonesia ke gawang Thailand. Skor 5-2 bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Share

Ads