loader

Popnas XVI Palembang Digelar 27 Agustus hingga 3 September, Dihadiri 7.000 Atlet dan Official

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Ponas XVI) 2023 digelar di Palembang pada 27 Agustus hingga 3 September 2023. Sebanyak 7.000 atlet dan official dari 34 provinsi terlibat dalam event ini.

Popnas XVI mempertandingkan 22 Cabang Olahraga (Cabor) dan dibuka secara resmi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo didampingi Gubernur Sumsel H Herman Deru yang  ditandai dengan menyalakan obor dan defile kontingen bertempat di PSCC Palembang, Minggu malam (27/8).

Menpora Dito Ariotedjo mengapresiasi  kesiapan Provinsi Sumsel yang begitu luar biasa selaku tuan rumah dalam mensyukseskan event olahraga tingkat nasional tersebut. 

Menpora sangat yakin penyelenggaraan Popnas di Sumsel berjalan lancar dan sukses mengingat provinsi ini sudah  berpengalaman selaku tuan rumah event skala olahraga level nasional dan internasional.

"Kita dorong Sumsel dengan keberadaan Jakabaring Sport City (JSC) dengan  fasilitas olahraga yang lengkap sebagai pusat  kegiatan olahraga ditingkat Internasional,"  katanya.

Menpora mengapresiasi tiga provinsi yang telah mengirimkan atlet terbanyak yaitu Provinsi Sumsel 371 atlet, Jabar 368 atlet dan DKI Jakarta 349 atlet.

"Popnas tonggak sejarah untuk mengukir prestasi bagi para atlet junior kita. Ini adalah batu loncatan untuk bertanding di multievent yang lebih besar lagi," katanya.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengucapkan terima kasih atas ditunjuknya Sumsel sebagai tuan rumah Popnas XVI. 

"Kami warga Sumsel mengucapkan terima kasih kepada Kemenpora, Kementerian Pendidikan untuk menyelenggara Popnas XVI di Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan," kata gubernur.

Dirinya menjamin sebagai tuan rumah Sumsel akan berupaya memberikan layanan yang terbaik bagi para tamu atlet dan official mulai dari pembuka, pelaksanaan pertandingan hingga penutupan nantinya. 

"Kami ucapkan terima kasih kepada semua unsur yang terlibat, khususnya atlet pelajar Sumsel mari berjuang untuk menang dengan tetap menjunjung semangat  sportifitas," katanya.

Share

Ads