loader

Kontingen Porprov OKI Raih Emas Pertama dari Cabor Sambo

Foto

LAHAT, GLOBALPLANET - Wilda Dio, salah satu putri terbaik Kabupaten OKI menyumbangkan emas pertama untuk kontingen OKI dari Cabor Sambo pada Porprov XIV tahun 2023 di Kabupaten Lahat. Wilda menjadi meraih medali emas dari kelas Sport + 75 Kg.

Diketahui sejumlah cabor telah dipertandingkan meskipu Porprov baru akan dibuka Minggu 17 September 2023. Poprov akan berlangsung hingga 24 September.

Atlet sambo atas nama Wilda Dio meraih medali emas pada kelas Sport + 75 Kg setelah berhasil mengalahkan atlet asal Kabupaten Ogan Ilir dalam pertandingan yang berlangsung di Gedung Pertemuan Pemkab Lahat, Kamis (14/9/2023). 

Tidak hanya medali emas, Cabor Sambo juga mempersembahkan 2 medali perak dan 8 medali perunggu dalam kegiatan tersebut. 

Perjuangan atlet Cabor sambo dalam meraih prestasi ini tidaklah mudah, bahkan satu atlet mengalami cidera tangan kiri dan harus dibawa ke rumah sakit guna mendapatkan perawatan medis pada saat perebutan medali emas hingga akhirnya harus puas dengan medali perak. 

Ketua KONI OKI, Juni Alpansuri memberikan apresiasi kepada Wilda Dio  yang telah menyumbangkan medali emas pertama untuk Kabupaten OKI pada Porprov XIV Lahat 2023. 

"Tentu kita bangga dengan semangat juang para atlet atlet Sambo asal OKI  yang telah secara all out dalam pertandingan hingga mampu menyumbangkan medali emas pertama," ucap Alpan. 

Alpan  berharap, atlet asal OKI dari berbagai cabang olahraga bisa memberikan prestasi terbaik dan meraih medali untuk Kabupaten OKI. "Insya Allah, mudah-mudahan atlet-atlet asal OKI akan memberikan prestasi yang terbaik seperti pada Porprop  sebelumnya," katanya.

Sementara itu berdasarkan rilis berbagai sumber, Sambo dikenal sebagai salah satu cabang olahraga beladiri. Olahraga sambo ini dikembangkan di Uni Soviet.

Olahraga sambo ini populer di Uni Soviet pada era 1940-an. Sambo juga digunakan untuk seni bela diri oleh militer Rusia.

Olahraga Sambo ini merupakan gabungan gulat dan judo. Inti sambo menekankan pada kemampuan kontrol dan kuncian kaki. Sambo mengajarkan praktisi cara untuk mengakhiri perkelahian dengan cepat. Hal ini sering dilakukan dengan mengambil lawan ke tanah dan menerapkan penyerahan terus atau serangan cepat. 

Share

Ads