loader

Kunjungi Perpusdes Sungai Lilin, Bunda Baca Muba: Perpustakaan Unggul Malah Lahir dari Swadaya

Foto

MUBA, GLOBALPLANET. - Kegiatan dalam rangka pembinaan Perpustakaan Desa Se Kecamatan Sungai Lilin ini diawali dengan mengunjungi Perpusdes Bukit Jaya. Perpusdes Bukit Jaya yang pengelolaannya secara swadaya masyarakat baru-baru ini 
menjadi sorotan nasional.

Sebab, Perpusdes Bukit Jaya terpilih sebagai Perpustakaan Desa Terbaik mewakili Sumsel dan berhasil meraih Juara II pada Cluster B Tingkat Nasional. 

"Perpustakaan yang unggul malah lahir dari perpustakaan swadaya masyarakat sendiri. Ini luar biasa menjadi catatan tersendiri bagi kami bahwa pembangunan di Muba bisa datang dari mana saja termasuk dari perpustakaan," ungkap Thia Yufada Dodi Reza.

Ketua Umum Persatuan Wanita Olahraga Indonesia (PERWOSI) Sumsel ini mengatakan desa yang telah berprestasi akan mendapat perhatian lebih dari pemerintah kabupaten, terkait dengan peningkatan pembangunan infrastruktur dan lainnya. 

"Kita lihat sendiri bahwa perpustakaan ini sudah menunjukkan posisi dan perannya ke masyarakat, bukan sekedar tempat meminjam buku, tapi juga tempat membina masyarakat, maka kesejahteraan timbul dari kegiatan perpustakaan," ujar dia.

Sementara, Kades Bukit Jaya, Juhari, mengatakan, Perpustakaan Desa Bukit Jaya melakukan les dan kursus gratis bagi anak sekolah. "Disamping itu kami mohon perbaikan jalan desa kami, dan penambahan fasilitas olahraga," pinta Kades Bukit Jaya.

Camat Sungai Lilin, Agus Kurniawan Saputra SIP Msi, mengungkapkan dengan adanya kunjungan ini membuat semangat tidak hanya pengurus Perpusdes namun juga masyarakat untuk menciptakan program yang bisa memajukan Sungai Lilin dan Kabupaten Muba.

"Kami sangat berterima kasih kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Muba yang juga Bunda Baca Muba Ibu Thia Yufada Dodi Reza. Dengan kunjungan beliau menambah semangat pengurus Perpusdes untuk memajukan Perpusdes," tutupnya. 

Share

Ads