loader

Bupati OKU Timur Pimpin Apel Gabungan Hardiknas dan Peringatan Otonomi Daerah XXVII,  2023

Foto

OKUT, GLOBALPLANET - Pemberian otonomi yang seluas-luasnya kepada daerah harus dimaknai sebagai kesempatan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peran serta aktif seluruh pemangku kepentingan di daerah.

Demikian dikatakan Bupati OKU Timur Ir, H, Lanosin, saat memimpin upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan Peringatan Otonomi Daerah XXVII,  2023, pada Selasa (02/05/2023) di lapangan Pemkab OKU Timur.

Kebijakan otonomi daerah kedepan akan menghadapi berbagai tantangan dan tuntutan, di tengah-tengah kemajemukan di tingkat lokal, regional dan nasional. Otonomi daerah dituntut untuk menumbuhkan kemandirian penyelenggaraan tata kelola pemerintahan daerah yang aspiratif, transparan dan akuntabel,katanya.

"Sementara dalam bidang pendidikan, sebanyak 24 episode merdeka belajar yang sudah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, pendidikan yang menuntut bakat, minat dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat,"ungkapnya.

Anak-anak sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya. Sementara  guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya platform merdeka mengajar.

"Perjalanan harus kita lanjutkan, perjuangan mesti kita teruskan, agar seluruh anak bangsa merasakan kemerdekaan yang sebenar-benarnya dalam belajar dan bercita-cita. Oleh karena itu, mari  semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan merdeka belajar, mendidik generasi pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan,"jelasnya.

Bupati berharap, dalam rangka apel gabungan pasca libur dan cuti bersama memperingati Hari Raya Idul Fitri 1444H, semoga saudara-saudara menjadi lebih rajin dan semangat bekerja untuk mewujudkan OKU Timur maju lebih mulia.

Share

Ads