loader

Reaktif COVID-19, 334 Petugas KPPS OKU Timur Diganti

Foto

OKU TIMUR, GLOBALPLANET.news - "Setelah ada yang reaktif hasil rapid yang diikuti anggota KPPS, langsung kita ganti," ujar Ketua KPU OKU Timur Herman Jaya, S.Sosai melalui Kordiv Sosialisasi Parmas dan SDM Yuliansah SE, pada Jumat (04/12/2020).

Anggota yang reaktif tersebut langsung diserahkan kepada Gugus Tugas OKU Timur untuk proses penanganan lebih lanjut. "Petugas reaktif total ada 334 orang, dari total 11.835 orang yang kita butuhkan untuk Pilkada 2020," kata dia.

Petugas KPPS yang reaktif tersebut akhirnya diganti dengan calon petugas KPPS yang dinyatakan terpilih di nomor urut selanjutnya. Hal itu diambil sebagai kebijakan oleh penyelenggara.

"Kita ganti, sebagai gantinya ialah calon KPPS kemarin yang terpilih di nomor urut selanjutnya. Kita rapid test juga sampai dapat yang benar-benar sehat, Alhamdulillah sekarang sudah tidak ada lagi yang reaktif," ujarmya. 

Dia mengatakan, 334 orang yang reaktif ini, bukan dari satu kecamatan maupun satu titik, namun menyebar di wilayah OKU Timur. "Data yang kita miliki, 334 orang ini domisilinya hampir diseluruh OKU Timur, jadi bukan satu titik," imbuhnya.

Terpisah, Seketaris Percepatan Penanggulangan COVID-19 OKU Timur Mgs Habibullah, menjelaskan, sebelumnya sudah ada MOU antara KPU OKU Timur dan Dinas Ksehatan OKU Timur, begitu anggota KPPS yang di rapid test reaktif langsung diganti.

"Pengganti yang 334 itu langsung di rapid juga, Alhamdulillah hasilnya semuanya non reaktif," jelasnya.

Untuk 334 orang yang reaktif tersebut sambungnya, saat ini proses tes Swab yang dilakukan oleh pihak Gugus Tugas Covid untuk memastikanya. "Proses tes swab saat ini terus berlangsung ya, mudah-mudahan saja hasilnya negatif," tandas dia.

Share

Ads