loader

Gunakan Hak Suara Sebaik- baiknya dalam Pemilu Serentak 2024

Foto
Ilustrasi kertas suara. (Foto: Istimewa)

Gunakan suara untuk memilih pemimpin yang berkualitas, jangan mudah terlena dengan janji-janji manis calon kandidat. Jangan juga mudah terpengaruh dan terprovokasi dengan misi dan visi saat kampanye berlangsung. 

Untuk generasi Z, yang pertama kalinya memilih cobalah gunakan hak suara dengan sebaik-baiknya agar mendapatkan pemimpin yang berkualitas dan bertanggung jawab. Sebagai pemili yang pertama kali memilih harus dapat dapat memberikan kesan yang baik untuk generasi mendatang. Kita sedang mempertaruhkan masa depan anak bangsa, jangan sampai salah memilih pemimpin. Di Pemilu 2024 yang akan datang kita harus paham, pemilu yaitu sebagai sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat, sarana sirkulasi kekuasaan secara tertib dan damai.

Oleh sebab itu, perlu diketahui Indonesia tidak mengatur secara kaku mengenai pemilu, yang terpenting dalam penyelenggaraannya bersifat demokratis, luber, dan jurdil. Terdapat pada pasal 14 ayat 4 dan pasal 22E Undang Undang NRI 1945, Pemilihan Umum harus dilaksanakan secara Umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil setiap lima tahun sekali.

Maka dari itu mari gunakan hak suara dengan sebaik mungkin, mengingat nantinya pada 2024 adalah pesta demokrasi tentu saja banyak tantangan yang akan dihadapi. Seperti ancaman integrasi, politik uang, daftar pemilih, kampanye hitam dan ujaran Kebencian, politik identitas, isu SARA, serta berita hoax. Hal tersebut pasti ditemui di pesta demokrasi pada 2024 mendatang. Maka dari itu suara dari generasi baru sangat dibutuhkan. Kita harus bekerja sama untuk menciptakan pemilu yang adil, damai, dan tertib, serta pemilu yang taat hukum. 


Penulis: Muhammad Atila Dafa Valentino
Mahasiswa FISIP Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

 

Disclaimer: Artikel dan isi tanggung jawab penulis

Share

Ads