loader

Jelang Pemilu 2024, Sat Intelkam Polres OKU Timur Gelar FGD dan Deklarasi Damai

Foto

OKU TIMUR, GLOBALPLANET - Menjelang pesta demokrasi lima tahunan, Pemilu 2024, Sat Intelkam Polres OKU Timur di Sumsel menggelar Focus Group Discussion (FGD) dan deklarsi damai untuk Pemilu di OKU Timur 2023, Kamis (07/09/2023) Polres OKU Timur.

Kegiatan dengan tema "Melalui FDG Kita Wujudkan Pemilu Serentak  2024 yang Aman, Damai, dan Kondusif di Wilayah OKU Timur."

Kapolres OKU Timur, AKBP Dwi Agung Setyono mengatakan, mendekati tahapan masa kampanye Pemilu  2024, dinamika politik terus terjadi perubahan koalisi politik pendukung Calon Presiden pada Pemilu 2024.

Masa kampanye Pemilu  2024, akan terdapat negative campaign dan black campaign. Polres OKU Timur, siap mengamankan setiap tahapan Pemilu serentak 2024 dan tentunya akan terus bersinergi dengan KPU OKU Timur, Bawaslu OKU Timur serta Peserta Pemilu 2024 Partai Politik yang ikut serta Pemilu 2024.

"Polres OKU Timur telah menyiapkan Sispamkota dalam kesiapsiagaan antisipasi terjadinya gangguan Kamtibmas selama Pemilu 2024," katanya.

Kordiv Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi Bawaslu OKU Timur, Oki Endrata Wijaya menjelaskan, penanganan pelanggaran Pemilu akan dilaksanakan oleh Sentra Gakkumdu OKU Timur.

Pelanggaran yang sering terjadi pada Pemilu, jajaran KPU, dalam verifikasi  pencalonan, politik uang. ASN yang mendukung Paslon, mencoblos lebih dari satu kali, kampanye di tempat ibadah dan pendidikan, dokumen dan keterangn palsu syarat pencalonan. 

Kemudian fasilitas dan anggaran pemerintah digunakan untuk kampanye. Pemasangan APK tidak sesuai dengan ketentuan, dokumen palsu Bapaslon Perseorangan.

"Terima kasih kepada pihak kepolisian telah mendampngi Bawaslu OKU Timur dalam menjaga Harkamtibmas dari Awal Tahapan Pemilu serentak  2024," imbuhnya.

Kasat Intelkam Polres OKU Timur, Iptu  Arie Gusmam menambahkan, mekanisme penerbitan STTP kampanye diatur dalam Perkap 06 Tahun 2012 tentang  STTP Kampanye.

Partai Politik yang akan melaksanakan kampanye wajib memberikan surat pemberitahuan yang berisi rincian, nama Calon Presiden dan Wakil Presiden, Partai Politik, Anggota DPR, DPD, DPRD dan Calon Kada dan Wakada. 

Lalu Ketua Tim Kampanye, bentuk kampanye, waktu kampanye, lokasi kampanye, pemandu acara, identitas juru kampanye. Perkiraan jumlah peserta kampanye, perkiraan jumlah dan jenis kendaraan kampanye. 

Kemudian titik kumpul dan rute kampanye serta lat peraga yang digunakan. Guna untuk menjaga Harkamtibmas selama tahapan Pemilu serentak 2024, Polres OKU Timur akan terus melaksanakan sinergi dengan Kodim 0403 OKU dan serta berkoordinasi dgn KPU OKU Timur, Bawaslu OKU Timur.

Kesimpulan kegiatan FGD dan deklarasi damai Pemilu OKU Timur tahun 2023, sebagai berikut, melalui kegiatan FGD ini diharapkan dapat menjadikan persamaan persepsi dan sinergitas yang baik demi mewujudkan stabilitas politik yang aman dan kondusif.

Agar semua dapat berperan aktif dan mampu memberikan solusi dalam rangka mengantisipasi dan mencegah terjadinya gangguan kamtibmas selama tahapan pemilu serentak 2024. Mendorong partisipasi masyarakat dalam membantu mewujudkan stabilitas politik di OKU Timur yang kondusif.

Melalui penyampaian materi oleh KPU , Bawaslu dan Sat Intelkam pada giat FGD dan deklarasi damai Pemilu OKU Timur 2023 memberikan pengertian terkait mekanisme dalam memghadapai tahapan Kampanye, dari mulai penerbitan surat izin kegiatan, tata cara penyampaian kampanye, penanganan pelanggaran maupun cara penyelesian pelanggaran kampanye pada Pemilu.

Kegiatan FGD dan deklarasi damai Pemilu  OKU Timur  2023 terlaksana sebagai upaya dalam terlaksananya deteksi dini (early detection), peringatan dini (early warning), dan deteksi aksi guna terciptanya Pemilu 2024 yang aman,damai dan kondusif (sebelum,pada saat dan pasca pelaksanaan).

Pelaksanaan Kegiatan FGD dan Deklarasi damai Pemilu OKU Timur 023 berakhir pada pukul 11.30 wib dalam keadaan aman dan kondusif.

Share

Ads