loader

Korem 044/Gapo Bersinergi dengan Polda Sumsel guna Ciptakan Pemilu Aman dan Damai

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Danrem 044/Gapo Brigjen TNI Muhammad Thohir mengikuti Rakor Pengamanan Pemilu Tahun 2024 yang dipimpin Kapolda Sumsel Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo bertempat di Gedung Presisi Mapolda Sumsel di Palembang, Rabu (17/1/2024).

Rakor bertujuan menyamakan visi, persepsi dan cara bertindak yang sinergis di lapangan untuk mewujudkan Pemilu damai, sejuk dan kondusif. TNI-Polri selaku aparat pengamanan harus berpegang teguh pada asas netralitas yang telah menjadi komitmen.

Pelaksanaan Pemilu tahun 2024 memiliki potensi tingkat kerawanan yang tinggi. Karena itu, perlu sinergitas dan soliditas TNI-Polri dan seluruh Jajaran guna suksesnya Pemilu tahun 2024.

Kapolda Sumsel menyampaikan, secara umum terdapat tiga klasifikasi TPS yaitu TPS Rawan, Sangat Rawan dan Kurang Rawan. "Kita butuh duduk bersama di mana kita bisa melibatkan TNI di dalam pengamanan pemilu ini karena kita ketahui bersama TNI sudah mendapat instruksi juga baik dari Panglima TNI maupun dari KSAD untuk bersama-sama mengamankan Pemilu 2024,” ucap Kapolda.

Danrem menegaskan siap mendukung rencana yang sudah dibuat dan menyiapkan pasukan sekitar 4.000 orang. Selain itu, di wilayah Sumatera Selatan mempunyai pasukan cadangan yang posisinya berada di kesatuan masing-masing.

“Kita memiliki Batalyon Infanteri atau Raider, ada Yonif 141 yang berada di wilayah Muara Enim dan Tanjung Enim, kita masih ada Yon Armed yang berada di wilayah Martapura, kemudian kita juga ada Yonarhanud di KM 18 di wilayah Kota Palembang,” ujar Danrem.

“Kami siap mendukung Polda dalam pengamanan Pilpres, Pileg dan Pilkada. Saya imbau ke jajaran, untuk siap apabila diperlukan untuk melaksanakan penebaran atau pun penambahan terutama nanti di daerah-daerah yang tadi sudah diklasifikasikan dari Mabes Polri," katanya.

Semua wilayah, mulai dari Kodim 0401 sampai dengan Kodim 0430 mendukung sepenuhnya kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh Polres untuk menjaga wilayah. “Jangan ragu-ragu, kita semua sama-sama menginginkan kondisi di wilayah kita kondusif menjelang pelaksanaan Pemilu tanggal 14 Februari 2024. Apapun yang kita rencanakan, apapun yang kita lakukan tidak terlepas dari kehendak Tuhan, jadi jangan lupa berdoa di setiap kesempatan," pungkasnya.

Turut hadir pada kegiatan Rakor, Wakapolda Sumsel Brigjen Pol M. Zulkarnain, SIK., M.Si, Kasi Intel Kasrem 044/Gapo Kolonel Inf M. Arif Gumelar, S.I.P, M.M, Kasiops kasrem 044/Gapo Kolonel Inf Tri Yudianto Hendro Winoto S.I.P, Para PJU Polda Sumsel serta Pasirenproggar Korem 044/Gapo Mayor Inf Sukri.

Share

Ads