loader

2.178 Linmas di OKU Timur Ikuti Bimtek Peningkatan Kapasitas SDM

Foto

OKU TIMUR, GLOBALPLANET - Satuan Polisi Pamong Praja, Linmas dan Damkar Kabupaten OKU Timur, Sumsel menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Satlinmas desa dan kelurahan. 

Bimtek diikuti 2.178 anggota Satlinmas desa dan kelurahan ini dibuka Bupati OKU Timur, Ir, H, Lanosin, MT, pada Rabu (07/02/2024) di Aula SMA Negeri 1 Belitang.

Lanosin mengatakan, perkembangan dinamika politik diperkirakan akan terus meningkat menjelang Pemilu dan Pilkada 2024. "Satlinmas yang telah saya Lantik dan diambil sumpahnya diharapkan dapat berpartisipasi dalam mendukung kelancaran proses Pemilu dan Pilkada 2024," katanya.

Bupati juga menyampaikan, berdasarkan Permendagri Nomor 10 Tahun 2009 tentang Penugasan Satlinmas dalam Penanganan Ketentraman, Ketertiban dan keamanan penyelenggaraan Pemilu, Satlinmas memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga keamanan termasuk di TPS dan pengawalan logistik, baik di Pos maupun saat penghitungan suara.

"Kerja sama erat dengan koordinator dari TNI dan Polri akan menjadi kunci sukses dalam pelaksanaan Pemilu yang aman dan kondusif. Bimtek tersebut sangat penting untuk memberi pemahaman Tupoksi Satlinmas, menjaga netralitas serta menjaga kesehatan selama bertugas," ungkapnya.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Vikron menyampaikan, maksud dan tujuan kegiatan ini dalam rangka implementasi penyelenggaraan ketertiban umum dan ketertiban masyarakat serta perlindungan masyarakat di OKU Timur dan upaya meningkatkan kemampuan Satlinmas dalam menjalankan peran, fungsi, tugas dan tanggung jawab.

Kegiatan Bimtek tersebut dilaksanakan pada 7 dan 8 Februari 2024 yang dibagi menjadi tiga zona, yakni Zona 1 Belitang , Zona 2 Semendawai Barat, dan Zona 3 Martapura serta pembukaan di aula SMA Negeri 1 Belitang.

Share

Ads