loader

Terkait Doa dan Yel-Yel Dukungan, Bawaslu OKI Bakal Koordinasi Dengan Bawaslu Provinsi

Foto

OKI, GLOBALPLANET - Adanya dugaan indikasi pelanggaran pemilu yang dilakukan oleh para kepala desa, yakni berupa yel-yel dan doa dukungan kepada salah satu calon gubernur, yang acaranya diselenggarakan di hotel Cipta Kayuagung beberapa waktu lalu. 

Bawaslu Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dalam waktu dekat bakal melakukan koordinasi kepada Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). 

Hal ini disampaikan oleh Ketua Bawaslu OKI, Romi Maradona, SH.i, melalui Divisi Penanganan Pelanggaran Data dan Informasi, Syahrin, M.Pd, Sabtu (10/8/2024).

Lebih lanjut Syahrin menjelaskan, terkait yel-yel ataupun do'a yang seperti dibaritakan beberapa media, yakni terdapat do'a yang mendo'akan salah satu bakal calon ini akan kami kaji terlebih dahulu.

"Hal ini tentunya akan kami kaji terlebih dahulu, apakah terdapat unsur dugaan pelanggaran pemilu atau tidak," jelasnya.

Masih katanya, sampai sekarang kita belum menerima laporan langsung dari masyarakat ataupun laporan dari pihak Panwascam. Sehingga kami belum bisa menentukan apakah nanti akan ada pemanggilan terhadap kades-kades yang diberitakan kemarin.

Kemudian saat ini KPU juga belum membuka pendaftaran untk pencalonan sehingga dasar kita untuk melakukan pemanggilan belum ada dasarnya.

"Namun kami akan melakukan koordinasi dahulu ke provinsi sebagai dasar utk melakukan rapat pleno di tingkat kabupaten. Hasil rapat pleno tersebutlah yang akan kami jalankan," ungkapnya.

Sementara itu, Kapala Desa Cinta Jaya, Budiman, ketika diwawancara wartawan mengaku hanya menghadiri undangan karena mendapat undangan dari ketua Forum Kades Kecamatan Pedamaran.

"Saya mendapatkan undangan dari ketua forum kades Pedamaran, karena merasa diundang ya saya hadir," ungkapnya melalui telpon.

Disisi lain Ketua Forum Kades Pedamaran ketika dihubungi melalui nomor telponnya 0823-7745-33** belum bisa menjawab hingga berita ini diterbitkan.

Berdasarkan berita sebelumnya terpantau dalam acara tersebut para kades kompak menyuarakan yel-yel dukungan yang sangat jelas, "Mawardi Yahya gubernur gubernur Mawardi Yahya.” 

Nampak terpantau para Kades yang hadir, Agus Edwar, Kades Pedamaran IV, Sukriyadi, Kades Sukadamai, Rian Syaputra, Kades Menang Raya, Budiman, Kades Cinta Jaya, Dayat Kades Srinanti, Imam, Kades Sukapulih, dan sejumlah perwakilan kades di Pedamaran.

Lebih menariknya lagi, oknum Kades Celika dari Kecamatan Kayuagung, Kartiwan, memimpin doa, "Ya Allah, jadikanlah Pak Mawardi menjadi Gubernur Sumsel,” ucap Kartiwan. 

Share

Ads