loader

Pengamat: Kedekatan Mawardi-Prabowo Akan Untungkan Sumsel, Berkah Program Pusat Menanti

Foto
Mawardi bersama Prabowo Subianto saat peresmian kantor DPD Partai Gerindra Sumsel beberapa waktu lalu. Foto : Ist

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Mawardi Yahya, seorang politisi sukses dan calon Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) dengan nomor urut 3, berpasangan dengan RA Anita Noeringhati (Matahati), diprediksi akan membawa perubahan besar bagi rakyat Sumsel. Pengalaman panjangnya dalam politik, yang mencakup dua periode sebagai Ketua DPRD di Kabupaten OKI dan Ogan Ilir, serta keberhasilannya membangun Ogan Ilir menjadi daerah pemekaran yang maju, memperlihatkan kepemimpinan yang solid dan berorientasi pada kesejahteraan masyarakat.

Menurut Hasyibulloh Mulyawan, pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Ethical Politics, rekam jejak Mawardi dalam meningkatkan sektor pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan kesejahteraan sosial di Ogan Ilir menjadi bukti kepiawaiannya. “Mawardi memiliki naluri politik yang empatik dan mampu memahami kebutuhan masyarakat dengan pendekatan yang berbeda. Kepemimpinannya sangat berdampak pada kehidupan masyarakat Sumsel, terutama kelompok-kelompok yang selama ini terpinggirkan,” ujar Mulyawan, Rabu (16/10/2024).

Secara politik, kedekatan emosional Mawardi dengan Presiden terpilih, Prabowo Subianto, diyakini akan memberikan keuntungan strategis bagi Sumsel. Sebagai anggota Dewan Pembina Partai Gerindra, Mawardi memiliki hubungan yang kuat dengan pusat kekuasaan. Hal ini, menurut Mulyawan, akan berdampak positif bagi provinsi ini, karena program-program pusat di bawah kepemimpinan Prabowo kemungkinan besar akan mengalir deras ke Sumsel jika Mawardi terpilih sebagai gubernur.

“Kedekatan emosional antara Mawardi Yahya dan Prabowo, ditambah posisinya sebagai Dewan Pembina Partai, akan membawa atensi lebih dari Presiden terpilih. Banyak program pusat yang akan menguntungkan Sumatera Selatan jika Matahati menang di Pilgub,” ujar Mulyawan.

Tak hanya itu, kesuksesan Mawardi sebagai Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) pada Pilpres 2024 lalu juga menambah keyakinan bahwa masyarakat Sumsel, yang cenderung mengikuti pilihan politik presiden terpilih, akan mendukung pasangan Matahati dalam Pilgub 27 November mendatang. “Dukungan penuh Prabowo kepada Mawardi kemungkinan besar akan diikuti oleh pemilih Prabowo di Sumsel,” tambahnya.

Sebagai calon gubernur yang memiliki hubungan erat dengan Presiden terpilih, Mawardi tidak hanya menawarkan pengalaman sukses sebagai kepala daerah, tetapi juga membawa tekad kuat untuk memperbaiki kualitas kesejahteraan di Sumsel. Kepemimpinannya yang humanis, rendah hati, dan penuh kepekaan sosial diharapkan mampu menghadirkan solusi bagi stagnasi pembangunan di Sumsel.

Share

Ads