loader

Program UHC, Tiga Warga Muba Sukses Operasi Tumor Gratis

Foto

MUBA, GLOBALPLANET - Ketiga warga Desa Mangsang Kecamatan Bayung Lencir ini menjalani operasi dicover BPJS Kesehatan yang dibiaya Pemkab Muba dengan predikat Universal Health Coverage (UHC). "Ketiga warga itu telah bertahun - tahun mengidap penyakit tumor, sebelum akhirnya operasi gratis di RSUD Bayung Lencir," ujar Camat Bayung Lencir, M Imron.

Dikatakan Imron, sesuai visi misi Bupati Muna Dodi Reza Alex Noerdin melalui program UHC untuk memberlakukan berobat gratis kepada seluruh warga Muba, dengan begitu warga dapat menikmati pelayanan kesehatan secara penuh dan seluruh biaya pengobatan ditanggung oleh Pemkab Muba. "Kita doakan semoga pasca oprasi ini kondisi ketiganya semakin membaik, tetap semangat dan untuk urusan administrasi sudah diurus oleh Pemkab Muba tidak perlu dipikirkan lagi," jelas dia.

Sementara, Susilawati (48) pengidap penyakit tumor regio shoulder dekstra mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya kepada Bupati Musi Banyuasin, Camat Bayung Lencir, Tenaga Medis RSUD Bayung Lencir dan Kades Mangsang atas perhatian membantu pengoperasian untuk mengangkat penyakit tumor yang dideritanya. "Terima kasih banyak pak Dodi, berkat bantuannya kami bisa operasi pengangkatan tumor secara gratis," kata dia.

Terpisah dokter Spesialis Bedah RSUD Bayung Lencir, dr Amsal SpB, mengatakan, tindakan operasi terhadap ketiga pasien tersebut telah berjalan lancar dan hasilnya semuanya baik. "Ketiga pasien masing - masing Endang Sulastri diagnosa tumor + abses troraks posterior DM type II, Susilawati diagnosa tumor regio shoulder dekstra, Sulastri Ningsih tumor regio colii. Semuanya telah selesai tindakan dan hasilnya baik, kondisi pasien dalam keadaan stabil," terangnya," beber dia.

Sementara itu, Bupati Muba Dr.Dodi Reza Alex, menyebutkan, sejak tahun 2019 Muba sudah menyandang gelar Universal Health Coverage (UHC) dimana saat ini 98 persen warga pra sejahtera di Muba tercover BPJS Kesehatan yang dibiayai oleh Pemerintah Daerah. "Kalau di Muba kesehatan itu adalah hal prioritas, pelayanan dan hal lainnya yang berkaitan dengan kesehatan akan menjadi perhatian khusus bagi Pemkab Muba," tandas dia.

Share

Ads