loader

Pengurus Kopindo Kodam I/Bukit Barisan Resmi Dilantik

Foto

MEDAN, GLOBALPLANET - Walau hujan deras mengguyur kota Medan, Sabtu (5/9/2020) malam, namun acara pelantikan yang berlangsung di Kantor Media Center Kodam I/BB, Jalan Rotan Baru Nomor 1 ABC, Kecamatan Medan Petisah, berjalan dengan hikmat dan di Kantor Media Center Kodam I/BB, Jalan Rotan Baru No.1 ABC, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan, Sabtu malam (5/9/2020).

Pelantikan ditandai dengan pemberian surat mandat dari Ketua Umum Sugiarto kepada Ketua Harian Suryandi didampingi Sekretaris Harian Toni Sapta Raharja. 

Ketua Umum Kopindo, Sugiarto menegaskan Kopindo akan bersinergi dengan semua instansi. Tujuannya, kata Sugiarto, agar menegaskan peran Kopindo dalam pengembangan hidup bermasyarakat.

"Tujuannya agar organisasi kita ini bukan komunitas kumpul-kumpul, melainkan menajdi organisasi yang bisa berbuat bagi masyarakat di mana pun kita berada," kata Sugiarto.

Seluruh pengurus harian Kopindo, kata Sugiarto, harus mampu menunjukkan apa fungsi dan kerja nyata yang bisa dilakukan komunitas ini di kabupaten dan kota di Sumut.

Sementara itu Ketua Harian Suryandi memaparkan rencana kerja awal Kopindo untuk kota Medan yakni merangkul 1 Kodim yang punya 16 Koramil dan akan disinergiskan.

Kata dia, akan ada kader Kopindo di setiap Koramil. Setiap 1 Koramil, ujarnya, setidaknya  ada minimal 5 sampai 10 orang pengurus Kopindo. "Jadi kita hadir untuk masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah masing-masing. Karena kan kita saat ini untuk komunikasi dibantu dengan Radio HT (handytalki),” kata Suryandi.

Suryandi menegaskan tekadnya untuk membesarkan Kopindo hingga ke daerah-daerah di Provinsi Sumut guna membangun kader-kader dalam menjaga Kamtibmas. 

"Istilahnya ‘lapor dini, cegah dini’. Jjadi, apa pun yang terjadi di daerah ataupun wilayah kita masing-masing seperti tindakan kriminal kita dapat cepat tanggap melaporkan  kepada instansi terkait seperti Polsek ataupun Koramil terdekat, inilah misi kita agar bisa bersinergi dengan TNI-Polri dan masyarakat umumnya,” katanya.

Suryandi berharap agar kepengurusan dapat solid, sama-sama membangun, sama-sama bekerja, sama-sama bertanggungjawab  sesuai tupoksi masing-masing. Juga, kata dia, bisa bersinergi dengan pemerintah untuk menjaga dalam kamtibmas  di masing-masing wilayah.

Sekretaris Kopindo, Henky Chandra, menambahkan, Kopindo mengungkapkan telah berbuat untuk masyarakat melalui aksi sosial di tengah pandemi Covid-19.

"Kemarin Kopindo membagikan sembako kepada masyarakat yang kurang mampu. Tujuan utama kita memang untuk membangun bangsa bersama, merangkul semua anak bangsa, sama-sama membangun dan berbuat untuk bangsa kita Indonesia,” katanya.

Share

Ads