loader

Pandemi Covid-19 Pengaruhi Stok Darah PMI

Foto

LAHAT, GLOBALPLANET - Firmanudin mengatakan, selama masa pandemi pihaknya tidak bisa melakukan donor darah secara masal di tempat-tempat biasanya PMI Lahat mendapatkan darah, seperti perusahaan.

" Sebelum masa covid dulu kami keliling, sekarang terjadi pandemi covid-19 tidak melakukan keliling, seperti ke perusahaan-perushaaan yang sering melakukan donor masih belum mau. Tapi kalau diundang kita datang," ujarnya saat dikonfirmasi melalui telepon. Rabu (4/11/2020)

Firmanudin juga menjelaskan, beberapa golongan darah yang sulit didapatkan, seperti golongan darah yang termasuk A+, B+, AB, sedangkan yang paling banyak dan yang selalu ada A dan B, untuk golongan darah O ada namun tidak banyak. Untuk memenuhi kebutuhan maupun stok darah pihaknya memiliki relawan yang mendonorkan darah, jumlah darah di PMI Lahat saat ini masih terbilang cukup.

" Kita banyak kader, kalau butuh kita telpon dan biasanya keluarga yang membutuhkan darah membawa keluarga untuk donor darah," ungkapnya seraya mengatakan, untuk melakukan donor darah dimasa pandemi harus melakukan rapid tes dan dilakukan pengecekan darah, kesehatan dan tata cara lain yang sudah menjadi ketentuan.

Kemudian pihaknya meminta kepada masyarakat umum yang sehat dapat memberikan sumbangsih darah kepada kami dalam rangka membantu masyarakat yang membutuhkan darah dan masyarakat miskin.

" Untuk mendapatkan darah masyarakat harus mendapatkan pengantar dokter di rumah sakit, nanti ada belangko yang harus diisi dan diserahkan kepada PMI," sampainya.

PMI

Share

Ads