loader

Pemkab Muba Langsung Salurkan Bantuan Tanggap Darurat untuk Korban Kebakaran

Foto

MUBA, GLOBALPLANET - Bantuan berupa sembako dan sejumkah uang itu, langsung diserahkan Sekretaris Daerah (Sekda) Muba, Apriyadi saat mengunjungi lokasi kebakaran.

"Ya, peristiwa kebakaran terjadi semalam sekira pukul 02.00 WIB. Kita ke lokasi untuk meninjau langsung dan memberikan bantuan tanggap darurat," ujar Sekda Muba Apriyadi saat dibincangi, Rabu (30/12/2020).

Bantuan tanggap darurat itu, sambung Apriyadi, bersifat sementara dan dapat dimanfaatkan selama 7 hari kedepan oleh para korban. "Ini sifatnya bantuan tanggap darurat untuk masa 7 hari. Kalau untuk bantuan lainnya belum disalurkan," jelas dia.

Disinggung mengenai bantuan perbaikan rumah, Apriyadi, mengatakan, belum dapat disalurkan karena masih harus dilakukan pembahasan terlebih dahulu.

"Untuk sementara, para kirban daoat menumpang dirumah keluarga. Namun, jika tidak ada keluarga kita akan berkoordinasi dengan Baznas untuk mencarikan tempat tinggal. Selanjutnya baru kita bicarakan bagaimana cara memberikan bantuan permanen kepada korban kebakaran ini," tandas dia.

Sebelumnya, kebakaran hebat melanda pemukiman warga di Kelurahan Soak Baru Kecamatan Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin. Peristiwa yang terjadi pukul 02.00 WIB, Rabu (30/12/2020) itu, membuat enam rumah ludes terbakar.

Dari informasi yang dihimpun Globalplanet.news, api pertama kali muncul dari rumah salah satu warga yang diduga berasal dari korsleting listrik. Saat itu, semua penghuni rumah dalam keadaan tertidur.

Api langsung membesar karena rumah terbuat dari kayu. Lantaran saat kebakaran angin dalam keadaan kencang, api langsung menyambar rumah-rumah yang berada di sekitar.

Masyarakat yang mengetahui kejadian itu langsung melakukan pemadaman seadanya, sedangkan para korban berusaha menyelamatkan diri. Api baru berhasil dijinakkan 2 jam kemudian atau sekitar pukul 04.00 WIB setelah tiga unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) dibantu masyarakat melakukan pemadaman.

Share

Ads