loader

Pemkab Lahat Bangun Kembali Rumah Korban Kebakaran, Target 315 Hari Selesai

Foto

LAHAT, GLOBALPLANET - Kegiatan mulainya rekonstruksi itu terlihat ketika Wakil Bupati Lahat, H Haryanto SE MM MBA melakukan peletakan batu pertama pembangunan (Ground Breaking).

"Dengan mengucapkan bismillahirohmanirohim, maka kegiatan pembangunan rumah untuk korban kebakaran di Kelurahan Pasar Bawah kita mulai," ucap H Haryanto, Senin (18/1) saat meletakkan batu pertama rekonstruksi pembangunan.

Haryanto memastikan, bahwa Pemda akan membangun sepenuhnya hingga selesai. Pembangunan itu melibatkan berbagai dinas instansi terkait seperti Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PRKPP) Lahat dan lainnya.

Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lahat bahwa untuk rekonstruksi 62 rumah yang hangus dan rusak berat serta ringan menelan biaya Rp 2,507.500.000.

"Ada dua sumber pembiayaan dalam  rekontruksi ini, Rp 1,1 Miliar berasal dari sumbangan masyarakat, dan sisanya 1,4 Miliar dari APBD Kabupaten Lahat," ujar Kepala BPBD Lahat, Ali Afandi didampingi kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Lahat Ananta, ST, MT seraya dirinya menyampaikan target selesai 315 hari.

Menurut Ananta, dari anggaran itu termasuk di dalamnya berupa barang barang material bangunan bantuan masyarakat yang dinilaikan senilai Rp 115 juta rupiah dengan rincian Rp 40 juta untuk 62 rumah yang hangus, Rp 5 juta untuk 3 rumah rusak berat dan Rp 2.5 juta untuk 5 rumah yang rusak ringan. 

"Rencananya akan dibangun kembali dengan type rumah 6x6 dengan bentuk yang menyesuaikan dengan ukuran tanah warga bisa 6x6, 9x4 ataupun 4,5x8,"sampainya.

Share

Ads