loader

Dinas Perkim OKU Timur Bersama Baznas Launching Bedah Rumah

Foto

OKU TIMUR, GLOBALPLANET - Untuk menyukseskan program bedah rumah. Untuk itu  Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) bersama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas)  OKU Timur melaunching program bedah rumah di Bumi Sebiduk Sehaluan, pada Selasa (26/09/2023).

Launching bedah rumah kali  ini untuk  warga Dusun Tebat Sari, Kelurahan Dusun Martapura, Kecamatan Martapura, OKU Timur yang memiliki Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) beserta prasarana, sarana dan utilitas umum.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim), Danan Rachmat SE MSi mengatakan, dalam kegiatan ini instansi sengaja melakukan  berkolaborasi karena pada tahun ini secara nasional dalam memperingati Hari Perumahan Nasional (Hapernas) yang ke 15 tahun.

”Hapernas tahun ini mengusung tema melanjutkan kolaborasi wujudkan hunian layak, berkelanjutan dan terjangkau untuk seluruh. Sedangkan badan amil zakat temanya, menguatkan kolaborasi dan sinergi program maslahat keagamaan umat,”ungkapnya.

Penyelenggaraan kegiatan ini baru dapat dilaksanakan hari ini dan pihaknya sengaja untuk berkolaborasi dengan badan Amil Zakat OKU Timur, dan Bank Sumsel Babel untuk menyelenggarakan kegiatan bedah rumah rumah ini,tamhahnya.

”Semoga kegiatan ini menggugah hati BUMD, BUMN, perusahaan swasta lainya serta masyarakat untuk saling peduli dan saling tolong menolong untuk mempertahankan budaya masyarakat OKU Timur yang hidup rukun saling tolong menolong,”terangnya.

Danan, mengungkapkan sampai dengan 2020 yang tercatat rumah tidak layak huni di OKU Timur sebanyak 9.564 unit. Pada 2021 melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), pemerintah pusat terbangun sebanyak 708 unit, melalui pemerintah daerah yang sudah terlaksana di desa enam unit. Sehingga, yang belum terealisasi sebanyak 8.50 unit.

Kemudian pada 2022 dari program BSPS yang telah dibedah sebanyak 689 unit rumah, dari Bank Sumsel Babel tiga  unit, dari Baznas tiga unit.

”Sedangkan, pada  2023 dari program BSPS sebanyak 600 unit, dari Baznas tujuh unit, dari Bank Sumsel Babel tujuh unit dan dari Pemerintah Kabupaten OKU Timur sebanyak 20 unit. Untuk itu kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak,”katanya.

Sementara, Bupati OKU Timur Ir, Hx  Lanosin Hamzah MT, mengatakan, dengan saling membantu yang seharusnya program bedah rumah enam  meter kali enam meter, hasilnya dapat dibangun melebihi target  yang diinginkan oleh pemerintah.

”Pemerintah  tentunya Kepala Dinas Perkim yang memiliki petunjuk teknisnya dan serta petunjuk pelaksanaannya.  Kita ketahui ini sangat banyak sekali, sengaja saya datang untuk menyaksikan langsung dan melaunching salah satu bedah rumah yang divisioner oleh Baznas ini,”terangnya.

Share

Ads