loader

Bagaimana Hukum Pakai Wifi Tetangga Tanpa Izin

Foto
Ilustrasi sambungan wifi. (Foto: Ist/sahitya.id)

JAKARTA, GLOBALPLANET - Internet sudah menjadi salah satu kebutuhan saat ini. Hampir setiap rumah memiliki jaringan wifi, namun ada juga yang belum memiliki dan terkadang melakukan berbagai upaya agar mendapatkan sambungan wifi.

Lalu pertanyaannya bagaimana hukumnya jika menggunakan akses internet tanpa izin dari tetangga atau pemiliknya?

Mengutip tanya jawab fiqih di laman Kemenag, dalam ajaran Islam menggunakan jaringan internet tanpa izin pemiliknya adalah termasuk kategori ghasab yang sudah jelas diharamkan. Alasannya adalah hal itu bagian mengambil hak orang lain dengan cara yang tidak dibenarkan. “Hak” dalam konteks ini tidak hanya mencakup soal harta benda, tetapi juga yang lainnya, termasuk di dalamnya adalah jaringan internet.

Muhammad az-Zuhri al-Ghamrawi dalam kitab as-Siraj al-Wahhaj ‘ala Matan al-Minhaj menjelaskan tentang ghasab, sebagaimana berikut:

“Penjelasan Tentang Ghasab. Ghasab secara bahasa adalah mengambil sesuatu secara zalim, sedang menurut syara' adalah menguasai hak orang lain dengan cara yang tidak benar. Sedangkan pengertian “hak” disini mencakup harta-benda dan selainnya” (Muhammad az-Zuhri al-Ghamrawi, as-Siraj al-Wahhaj ‘ala Matan al-Minhaj, [Beirut: Dar al-Fikr, tt], halaman 266)

Dengan demikian, menggunakan wifi atau akses internet orang lain tanpa izin termasuk sesuatu yang dilarang karena hal itu masuk kategori ghasab. Lain halnya jika memang pemilik wifi secara terbuka memberikan izin akses kepada siapa pun. Alangkah baiknya sebelum menggunakan akses internet orang lain, terlebih dahulu meminta izin kepada pemiliknya.

 

 

 

Sumber: Tim Layanan Syariah Ditjen Bimas Islam Kemenag

Share

Ads