loader

Polda Sumsel Bantu Korban Banjir Muratara, Dirikan Dapur Umum hingga Kerahkan Ratusan Personel

Foto
Personel Polri dari Polda Sumsel membantu korban banjir Muratara. (Foto-foto: Ist/SMSI)

MURATARA, GLOBALPLANET - Polda Sumsel mengerahkan banyak bantuan hingga personel untuk membantu korban banjir di Kabupaten Muratara, Sumsel. Puluhan ribu warga yang tersebar di enam kecamatan sangat membutuhkan bantuan karena dilanda banjir sejak 9 Januari 2024.

Banjir karena meluapnya sejumlah sungai di antaranya Sungai Rupit dan Rawas mengakibatkan puluhan ribu rumah warga terendam, 7 jembatan putus dan sejumlah jalan poros terputus.

Bahkan di beberapa titik seperti di Simpang KBM dan Kampung Palembang, ketinggian air mencapai atap rumah. Akibatnya aktivitas warga terhenti total dan listrik padam.

Bantuan dari sejumlah instansi sudah datang, termasuk dari Polda Sumsel. Sebanyak 95 personel Yon B Pelopor Brimobda Sumsel, 20 personel Dit Polairud Polda Sumsel dan 8 personel Dit Samapta Polda sumsel diturunkan untuk membantu Polres Muratara dalam operasi kemanusian di Kabupaten Muratara. Ratusan personel kepolisian diterjunkan ke lokasi bencana pengan peralatan SAR, mendirikan dapur umum dan water threatment.

Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo juga memberikan bantuan paket sembako untuk dibagikan kepada warga Muratara yang terdampak banjir. Kemudian pendirian dapur umum guna membantu penyediaan makanan siap saji untuk warga yang mengungsi. Lalu water threatment digunakan untuk penyediaan air bersih untuk pasokan air minum.

Sebelumnya, sebanyak 120 personel Polres Muratara bersama sama dengan Pemkab dan BPBD Muratara diterjun ke lapangan untuk mengevakuasi warga dan pemberian bantuan makanan bagi warga terdampak banjir.

Share

Ads