loader

Gerakan Sosial Politik dan Gerakan Sosial Media karena Wakil Rakyat Tidak Berfungsi dengan Baik

Foto

MEMPERTANYAKAN - Kondisi ideal dengan menyatakan bahwa harusnya tidak ada gerakan sosial atau yang sering kita dengan demonstrasi. Gerakan ini sebenarnya mempertanyakan kondisi ideal yang seharusnya wakil rakyat bekerja dengan baik sehingga tidak memicu gerakan protes dari masyarakat.

Gerakan sosial politik seperti ini merupakan salah satu wujud dari partisipasi politik masyarakat dalam kehidupan demokrasi. Gerakan sosial politik juga tidak hanya gerakan secara tatap muka saja, namun sebenarnya banyak sekali gerakan sosial yang ada masyarakat seperti halnya kita tidak sadar bahwa yang sering kita sebut netijen di sosial media yang sering berkomentar tentang isu publik itu juga termasuk sebuah gerakan sosial.

Gerakan apa yang dimaksud dalam media sosial seperti misalnya kasus kematian Munir, aktivitas HAM dan kasus publik lain lainya mereka secara tidak sadar bahwa masyarakat membentuk gerakan sosial dalam media untuk mencapai tujuan menegakkan keadilan hukum di negara Indonesia.

Gerakan sosial terjadi karena memiliki ciri-ciri, gerakan sosial politik dilakukan oleh warga negara, dilakukan secara kolektif atau bersama-sama, memiliki tujuan pastinya, memiliki strategi, dan terkait dengan isu publik.

Karena kita tahu bahwa dalam ilmu politik kekuasaan itu adalah untuk mempengaruhi orang lain, pengambilan kebijakan atau keputusan, dan gerakan sosial terjadi karena tidak dapat dipengaruhi oleh kekuasaan.

Bicara tentang kekuasaan dalam ranahnya soal mempengaruhi orang lain agar ikut dengan pihak tertentu dalam bagaimana negara mempengaruhi masyarakat. Karena negara secara konseptual diberikan mandat wewenang untuk melakukan apapun agar masyarakat terpengaruhi tentang kekuasaan dan kebijakan yang ada. Namun penting untuk mengingat bahwa gerakan sosial politik harus dilakukan dengan cara yang damai, tertib dan sesuai dengan koridor hukum yang berlaku.

 

 

 

Penulis: Aprillah

Mahasiswa Ilmu Politik FISIP UIN Raden Fatah Palembang

 

Share

Ads