loader

Peduli Jurnalis, Gubenur Sumsel Bagikan Pelindung untuk Wartawan di Sumsel

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Karena itu gubernur berinisiatif memberikan bantuan masker kain, hand sanitizer, dan 150 paket sembako untuk wartawan dari berbagai organisasi salah satunya dari Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sumsel, di halaman Kantor Gubernur Sumsel, Kamis (9/4/2020).

Ketua SMSI Sumsel, Jon Heri SSos menegaskan, organisasi media siber yang dikomandoinya sangat mengapresiasi langkah Gubernur Herman Deru. Menurutnya, Pemprov Sumsel begitu memerhatikan tugas wartawan saat meliput di lapangan di tengah risiko pandemi Covid-19 di Sumsel.

"Kami sangat mengapresiasi perhatian Pemerintah Provinsi Sumsel terhadap wartawan dalam melaksanakan tugasnya saat Covid-19 ini. Gubernur Sumsel memberikan bantuan kepada organisasi pers. Yang jelas kami (SMSI Sumsel) membuka pintu kerja sama dengan siapa pun, baik perorangan maupun instansi atau lembaga. Khususnya dalam melawan Covid-19," ungkap Jon Heri, Kamis (9/4).

Menurutnya, para awak media adalah garda terdepan dalam mencari data-data informasi baik itu penyebaran, penanganan dan pencegahan covid-19 di Provinsi Sumsel untuk disajikan kepada masyarakat. 

Deru juga mengimbau agar wartawan disiplin melengkapi diri dengan alat pelindung, terutama masker yang merupakan salah satu alat pelindung dan diyakini mampu mencegah penularan Covid-19.

“Terima kasih kepada para wartawan yang tidak hentinya menyebar luaskan informasi mengenai covid 19 ini, Wartawan sebagai Profesi yang sangat dibutuhkan masyarakat  tentang kondisi ini. Sehingga masyarakat sadar virus ini dapat dicegah dan juga dapat diobati, tergantung narasinya,” katanya.

Herman Deru juga menambahkan, jurnalis di lapangan selama ini sangat berperan aktif membantu pemerintah menyampaikan informasi dan edukasi terhadap masyarakat. 

“Namun saat ini sartawan punya musuh besar yakni, penyebar hoaks yang juga menyampaikan berita. Saya himbau juga wartawan tidak membuat berita lebay, kalau berbahaya dan semua bisa mandek.  Memang tidak mudah mengatasi ini, kita harus kerjasama cegah covid-19,” pungkasnya.

Adapun penyerahan bantuan alat pelindung diri ini, diserahkan langsung oleh Gubernur Sumsel H. Herman Deru secara simbolis kepada insan pers diantaranya PWI peduli, AMSI, Wartawan TV Pemprov, SMSI, IWO dan Pewarta Foto.

Share

Ads