Berita :: GLOBALPLANET.news

Empat OTG yang dipulangkan dari rumah isolasi Talang Kerangan kelurahan Talang Ubi Utara kecamatan Talang Ubi Kabupaten PALI. (Foto: Eko Jurianto)

01 Juni 2020 17:29:55 WIB

PALI, GLOBALPLANET - 4 dari 22 Orang Tanpa Gejala (OTG) yang berada di rumah isolasi Talang Kerangan, Kelurahan Talang Ubi Utara, Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), hari ini didipulangkan oleh gugus tugas percepatan penanganan Covid-19, Senin (1/6/2020).

Dijelaskan ketua gugus tugas Covid-19 PALI, Junaidi Anwar SE MSi, melalui Juru Bicara (Jubir)nya dr Zamir Alvi SH MHKes, bahwa dipulangkannya keempat OTG ini berdasarkan hasil Swab tes pertama yang menunjukkan negatif Covid-19, yang dirilis oleh BBLK Palembang pada Minggu sore (31/5/2020)

"Berdasarkan hasil dari BBLK Palembang, bahwa ada 19 sampel Swab tes yang diperiksa dari Kabupaten PALI yang negatif Covid-19. Dimana empat diantaranya yang kita karantina di rumah isolasi Talang Kerangan, 15 OTG lainnya sejak awal melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing," Jelas dr Zamir, Senin (1/6/2020).

Ditambahkan dr Zamir, keempat OTG tersebut, juga sudah menjalankan masa isolasi selama kurang lebih dua pekan di rumah isolasi Talang Kerangan.

"Empat OTG tersebut merupakan angkatan pertama, atau orang yang pertama menghuni rumah isolasi, yang kita dapati dari hasil Rapid tes reaktif di salah satu kalangan di Kecamatan Talang Ubi dan orang yang pernah kontak dengan pasien Positif asal Tanah Abang," tambahnya

Selain itu, ketua PSC Kabupaten PALI ini juga menjelaskan bahwa, saat ini gugus tugas Covid-19 PALI telah mengirim sebanyak 57 sampel Swab tes ke BBLK Palembang.

"19 sampel Swab tes yang negatif ini merupakan sampel yang kita kirimkan di awal. Saat ini kita sudah mengirimkan sebanyak 57 sampel Swab tes ke BBLK Palembang, termasuk nakes (Tenaga Kesehatan, red) di Kecamatan Tanah Abang," ungkapnya

Diharapkan warga sekitar tidak melakukan diskriminasi terhadap empat OTG tersebut, dan dapat menerima sebagai mana biasanya. Dan OTG tersebut juga akan menjalankan isolasi mandiri dirumah masing-masing selama 14 hari sembari menunggu hasil Swab tes kedua keluar.

"Nanti selama isolasi pesan pak Bupati PALI akan di bantu untuk kebutuhannya, serta harus tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Terlebih saat new normal nanti, kita dituntut lebih disiplin menerapkan pola sesuai standar Covid-19," jelasnya.

Saat ini, lanjut dr Zamir, di rumah isolasi Talang Kerangan, masih ada 18 OTG yang menunggu hasil Swab tes.

"Masih ada 18 PTG yang dirawat, termasuk nakes yang dari Tanah Abang, semoga hasil Swab tes nya nanti menunjukan negatif," pungkasnya.

Reporter : Eko Jurianto Editor : M.Rohali 1211