loader

Permohonan e-KTP di Palembang Meningkat 20 Persen Selama Covid-19

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - "Karena kita kemarin ada bantuan sosial untuk masyarakat terdampak Covid-19, ada yang merubah status pekerjaan, ada yang pindah domisili. Bahkan sebelum tanggal 23 Juni 2020, Dinas Dukcapil bisa menerima 860 permohonan dalam satu hari," ungkap Dewi ketika dijumpai di Kantornya, Rabu (24/6/2020).

Jumlah blangko e-KTP sendiri saat ini tersedia sebanyak 8020 buah. Jumlah tersebut sebelumnya pada 3 bulan terakhir ada 16000 buah blangko e-KTP.

"Alhamdulilah persediaan blangko e-KTP kita sudah terdrop dari pusat. Sebelumnya tiga bulan lalu stok ada 16000 blangko, sekarang kita masih punya 8020 blangko," jelasnya.

Petugas dukcapil yang ditugaskan untuk melayani permohonan e-KTP disiagakan 3 orang untuk menerima pembuatan e-KTP via online. "Masing-masing satu orang bisa melayani 500 permohonan e-KTP yang masuk dengan sistem online. Sementara untuk pelayanan yang ditemui secara langsung seperti legalisir, pembuatan KK, dilakukan di UPTD kami," ujarnya. 

Di tempat yang sama, Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda mengatakan, Pemkot Palembang akan mengutamakan pelayanan pencatatan kependudukan melalui sistem digital atau secara online meski pelayanan secara langsung masih bisa dilakukan.

"Kebijakan ini sesuai arahan Dirjen Dukcapil Kemendagri RI untuk mengutamakan pelayanan online. Tapi, jika terlanjur datang ke dukcapil akan tetap dilayani," kata Fitri.

Ia menekankan agar Dukcapil dan masyarakat yang datang ke dukcapil lebih memerhatikan penegakkan  protokol kesehatan. Yang pasti, jaga jarak, pakai masker, dan cuci tangan.

Share

Ads