Berita :: GLOBALPLANET.news

Ilustrasi

13 Agustus 2020 19:25:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Tim Ahli Penanganan Covid-19 Sumatera Selatan akan segera berembuk untuk membahas keberlanjutan penanganan wilayah zona merah, yakni Kota Palembang dan Kabupaten Muara Enim.

Hal ini diutarakan Dr Iche Andriani Liberty anggota tim ahli penanganan Covid-19 Sumsel bidang epidemiologi, Kamis (13/8/2020).

"Besok kami akan rapat kembali, apalagi terkait sektor pendidikan di mana banyak pemberitaan muncul kluster di sekolah," katanya

Sebelumnya Kota Palembang berstatus zona oranye per 2 Agustus berdasarkan zonasi Satgas Penanganan Covid-19 pusat, namun kembali naik ke zona merah per 9 Agustus dengan total kasus positif saat ini update 12 Agustus 2020 berjumlah 2.408 orang.

Sedangkan Kabupaten Muara Enim untuk pertama kalinya menjadi zona merah Covid-19 meskipun total kasusnya tercatat 252 orang atau hanya enam persen dari keseluruhan kasus di Sumsel per 12 Agustus berjumlah 3.778 orang

Terlepas dari penilaian 14 indikator dalam penentuan zona merah tersebut, kata dia, adanya relaksasi kegaiatan masyarakat turut berkontribusi dalam peningkatan kasus jika melihat 60 persen kasus positif merupakan asimptomatik atau tanpa gejala.

"Sesuai pedoman revisi peraturan dari pemerintah maka kasus asimptomatik hanya perlu isolasi mandiri, nah kepastian kepatuhan isolasi mandiri itu yang sangat dipertanyakan," tambahnya.

Oleh karena itu ia mengimbau masyarakat agar tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan di tengah proses Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), masyarakat diminta tidak memandang AKB sebagai kenormalan seperti sebelum adanya Covid-19, melainkan upaya mencegah penularan Covid-19 dalam beraktifitas.

Reporter : Rachmad Kurniawan Editor : M.Rohali 189