loader

Lantik 471 Kepsek, Mawardi: Fokus dan Loyal Pada Sistem Pemerintahan

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET. - Ratusan kepala sekolah ini dilantik oleh Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya, di Aula SMK Negeri 2, Senin (07/09/2020). 

Dalam pelantikan tersebut, terdiri dari Kepala SMA sebanyak 333 orang, Kepala SMK sebanyak 126 orang, dan Kepala SLB ada 12 orang. 

Wakil Gubernur Sumsel, Mawardi Yahya mengatakan, pelantikan ini dilakukan sebagai bentuk penyegaran dan pengembangan terhadap sekolah. Bahwa setelah dilantik kepala sekolah mempunyai tanggung jawab yang tidak ragukan lagi di dalam menjalankan tugasnya.

"Semenjak peralihan dari kabupaten/kota ke provinsi baru ini dilakukan pelantikan setelah menunggu lebih kurang dua tahun lamanya. Tadi sudah saya sampaikan dengan tegas, SMA dan SMK harus lebih baik lagi dari sebelumnya," ujar Mawardi usai melantik kepala sekolah. 

Ia juga meminta para kepala sekolah untuk berinovasi dan berlomba mempunyai kualitas baik.

"Kepala sekolah adalah abdi negara dan seorang leader yang harus fokus dan loyal pada sistem pemerintah. Jadi disamping memberikan inovasi, harus bisa memberi contoh yang baik kepada tenaga pendidik lainnya," tandasnya. 

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan Sumsel, Riza Fahlevi menambahkan, pelantikan ini sebagai penyegaran, dan ada dua hal yang harus diketahui. Pertama, selama ini Surat Keputusan (SK) semenjak pengalihan dari kabupaten ke provinsi baru sekarang secara menyeluruh dilantik.

Kemudian, memang sudah saatnya ada penyegaran agar inovasi baru dapat dikeluarkan. 

"Mengingat ada kepala sekolah yang satu tempat sampai 7 tahun lebih. Rotasi ini hal yang biasa, tanpa ada diskresi. Intinya ini sebagai bentuk penyegaran untuk menambah kinerja dari kepala sekolah," jelas Riza

Rotasi Kepala Sekolah yang dilakukan sekitar 60 persen ada yanantap di sekolah lama dan ada yang kembali jadinl staff atau struktural. "Beberapa kepala sekolah ada yang digeser jabatannya, tapi ini jangan dijadikan salah paham," pungkasnya. 

Share

Ads