loader

Mendag; Komoditas Kelapa Sawit Berperan Penting dalam Pembangunan Ekonomi Indonesia

Foto

JAKARTA, GLOBALPLANET - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menegaskan, komoditas kelapa sawit memiliki peranan strategis dalam pembangunan ekonomi Indonesia.

"Kelapa sawit merupakan komoditas yang memiliki banyak turunan, salah satunya minyak goreng sawit. Produk ini menjadi salah satu barang kebutuhan pokok di Indonesia," ungkap Zulhas dalam acara Musyawarah Nasional Pertama 2022 Asosiasi Kabupaten Penghasil Sawit Indonesia (AKPSI). 

Menurutnya, produktivitas kelapa sawit sebagai andalan ekspor Indonesia harus terus ditingkatkan. Peningkatan ini harus berkorelasi positif dengan kesejahteraan petani sawit dalam negeri.

“Kementerian Perdagangan akan terus mendukung pengembangan sawit di Indonesia sebagai produk andalan ekspor nasional. Peningkatan produktivitas sawit harus terus dilakukan. Hal ini tentu harus berkorelasi positif terhadap peningkatan pendapatan petani sawit di dalam negeri," jelas Zulkifli Hasan.

Dari sisi perdagangan, ekspor komoditas ini mencapai US$ 32,8 miliar dan menyumbang hampir 15% total ekspor nonmigas Indonesia pada 2021.

Share

Ads

Berita Pilihan

Terpopuler