loader

Palembang Banjir Parah, Genangan di Mana-Mana dan Jalan Macet 

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Puluhan titik atau kawasan di Palembang banjir pagi ini, Kamis (6/10/2022). Banjir merendam kawasan permukinan hingga jalan raya mengakibatkan kamacetan parah sejak Rabu malam hingga Kamis pagi ini.

Di antaranya banjir dan macet parah terjadi di Jalan R Soekamto. Untuk kawasan permukiman di antaranya terpantau di kawasan Bendung Indah Sekip, seduduk putih, KM 11 (simpang kades), dan kawasan Taman Kenten. 

Akibatnya selain jalanan macet parah, sejumlah sekolah terpaksa meliburkan siswanya atau memberikan toleransi datang telat, karena jalan macet parah akibat banjir. 

Berdasarkan hasil pantauan dan mengutip video dan foto banjir di berbagai media sosial, banjir atau ada yang menyebutnya genangan air hujan terjadi di puluhan titik di Kota Palembang. "Inilah Palembang, banjir, banjir macet. Banjir tambah banyak tambah luas, itulah kemajuan kito," teriak pengendara motor yang terjebak macet di depan Jln R Soekamto. 

Berbagai keluhan dan ucapan kecewan terlontar dari warga yang terjebak banjir atau macet. Begitu pun warga yang rumahnya terendam banjir. Di antaranya warga di Taman Kenten yang mengaku, seumur-umur dirinya tinggal di Taman Kenten rumahnya tidak pernah banjir, namun hari ini banjir. 

"Seumur-umur tinggal di Taman Kenten banjir tidak pernah masuk rumah, ini sudah masuk ruang tamu," ujar Akbar, warga Taman Kenten.

Dengan banjir ini, warga teringat kembali dengan banjir parah yang terjadi pada 25 Desember 2021. Banjir parah akibat hujan lebat itu juga melumpuhkan banyak jalan. Pejabat tinggi di Palembang turun menangani banjir, proyek pengendalian banjir terus ditingkatkan, namun banjir terus terjadi dengan titik yang bertambah atau meluas. 

"Katek lagi resapan, rawa ditimbun galo. Kalau cuma ninjau dan cek pompa, banjir Natal tahun lalu juga dipantau, banjir besar sekitar 2012-2013 dan banjir lainnya juga dipantau. Tapi banjir ya tetap banjir," ucap Akbar dengan sebagian menggunakan bahasa Palembang. 

Share

Ads

Berita Pilihan

Terpopuler